Munawaroh, Muslimatul (2025) Strategi dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor melalui permainan gobak sodor pada anak usia dini di TK PKK Bugih. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
21381062077_SAMPUL.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Persetujuan Pembimbing .pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
21381062077_Halaman Pengesahan (1).pdf Download (793kB) |
![]() |
Text
21381062077_ABSTRAK.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
21381062077_Daftar Isi .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21381062077_Bab I .pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
21381062077_Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
![]() |
Text
21381062077_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
![]() |
Text
21381062077_Bab IV .pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
21381062077_Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
![]() |
Text
21381062077_Daftar Rujukan.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
21381062077_Keaslian Tulisan.pdf Download (563kB) |
Abstract
Kata Kunci: strategi, gerak dasar lokomotor, permainan gobak sodor, anak usia dini Motorik kasar merupakan suatu kegiatan fisik yang menggunakan otot-otot besar pada diri anak yang menjadi dasar untuk bergerak mengikutiseluruh aktifitas dasar lokomotor atau non lokomotor. Permainan ini tidak hanya mengajarkan berlari dan melompat, tetapi juga melibatkan koordinasi, keseimbangan dan kekuatan otot. Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor melalui permainan gobak sodor anak usia dini di TK PKK Bugih. Kedua, untuk mengetahuifaktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pada strategi dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor melalui permainan gobak sodor anak usia dini di TK PKK Bugih. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Informannya yaitu Kepala sekolah dan Guru TK PKK Bugih. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaluiperpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, guru membuat perencanaan/modul ajar, setelah itu guru menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan saat pembelajaran, permainan gobak sodor ini menggunakan teknik bermain dengan music dilaksanakan 1 bulan 2 kali, permainan ini terbukti efektif dalam mengembangkan aspek motorik khususnya gerak dasar lokomotor berlari dan melompat, karena salah satu strategi guru yaitu mengatur jarak yang ingin ditempuh dan memotivasi anak sehingga anak tercapai sesuai tujuan pembelajaran. Kedua, faktor pendukung dari permainan gobak sodor adalah dapat mengembangkan minat anak dan kemampuan anak untuk belajar, serta didukung guru yang kreatif dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat pada permainan gobak sodor yaitu kurangnya dukungan/motivasi orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:37 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8348 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |