Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Padelegan Pademawu Pamekasan

Rohmah, Kifwatur (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Padelegan Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Abstrak_PGMI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_BAB I_PGMI.pdf.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_BAB II_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_BAB III_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_BAB IV_PGMI.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_BAB V_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Kifwatur Rohmah_20170701052032_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf.pdf

Download (214kB)

Abstract

Kata Kunci : Belajar Daring, Motivasi Belajar. Belajar adalah suatu usaha untuk mencapai perilaku yang baik dan diharapkan oleh seseorang, baik bersifat kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hasil dari proses belajar dapat dilihat secara nyata dalam bentuk penguasaan materi pelajaran, pengggunaan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan menilai terhadap sikap dan perilaku peserta didik dalam aspek kehidupan. Dimasa pandemi Covid-19 proses belajar mengajar tidak efektif, karena layanan aktivitas pendidikan dilakukan secara daring, pembelajaaran dilaksanakan dirumah peserta didik masing-masing, menggunakan media WhatsApp, Zoom, Youtube. Tujuannya untuk mengetahui respon siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. Berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan pembelajaran daring dikembangkan berdasarkan prinsip tersebut yitu, dapat memungkinkan siswa leluasa dalam waktu belajar yang maksimal, belajar kapanpun dan dimanapun, dapat berinteraksi dengan guru melalui WAG (WhatsApp Group), Zoom, YouTube, sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama apakah ada pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD pada masa pandemi covid -19, kedua seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrument penelitian yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan diterima tidaknya hipotesis yang diajukan peneliti, maka nilai “r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel. Diketahui nilai “r” tabel pada N=40 terhadap interval kepercayaan 95% sebesar 0,312 dan 99% sebesar 0,403. Dari hasil analisis tersebut, maka hasil yang diperoleh nilai “r” kerja lebih besar dari nilai “r” tabel product moment, maka dari hasil penelitian tersebut dinyatakan ”ada pengaruh”. Sedangkan untuk besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD pada masa pandemi covid-19 adalah “sedang atau cukup” hal tersebut diketahui berdasarkan analisis data pada tabel interprestasi product moment yang menunjukan bahwa “r” kerja 0,434 berada diantara 0,40-0,70. Dengan demikian besar pengaruhnya adalah “sedang atau cukup”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 03:42
Last Modified: 03 May 2021 03:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1275

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item