Analisis Strategi Bersaing dalam Pengembangan Produk Rengginang (Studi Kasus Home Industri Rengginang Cap Dua Jempol di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep)

Shadrini, Ifafu (2021) Analisis Strategi Bersaing dalam Pengembangan Produk Rengginang (Studi Kasus Home Industri Rengginang Cap Dua Jempol di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Cover_ES.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Halaman_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Abstrak_ES.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Bab I_ES.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Bab II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Bab III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Bab IV_ES.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Bab V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Ifafu Shadrini_20170703032086_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_ES.pdf

Download (212kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Bersaing, Pengembangan Produk, Rengginang Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak mungkin seterusnya akan berjalan lurus tanpa rintangan. Akan tetapi ada banyak hal yang harus dilalui. Di Desa Prenduan memang sebagian masyarakatnya banyak yang memiliki home industri rengginang, maka tidak dapat menutup kemungkinan bahwa di dalamnya pasti terdapat persaingan yang ketat antara home industri yang satu dengan yang lainnya, termasuk home industri rengginang Cap Dua Jempol. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya suatu strategi yang digunakan untuk dapat bersaing sehingga dapat menjamin keberlangsungan usaha atau bisnis yang dijalankan. Berdasarkan dari uraian tersebut, maka ada dua yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi bersaing yang dilakukan dalam pengembangan produk rengginang pada Home Industri Rengginang Cap Dua Jempol di Desa Prenduan. Kedua, bagaimana strategi bersaing dalam perspektif ekonomi Islam dalam pengembangan produk rengginang pada Home Industri Rengginang cap Dua Jempol di Desa Prenduan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai adalah pemilik home industri Cap Dua Jempol beserta karyawannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi besaing dalam pengembangan produk yang dilakukan oleh home industri Cap Dua Jempol adalah berupa diferensiasi produk, yaitu dengan cara terus-menerus menginovasi produk sedemikian rupa baik dari segi bentuk, rasa, dan warnanya. Kualitas terbaik dari produk yang dihasilkan serta pelayanan yang baik kepada konsumen juga menjadi salah satu strategi bersaing yang digunakan. Kedua, strategi besaing dalam pengembangan produk yang dilakukan oleh home industri Cap Dua Jempol sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam, yang mana hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana pihak Cap Dua Jempol memandang para pesaing yaitu menjadikan motivasi untuk terus berkarya. Kemudian, cara bersaing yang dilakukan yaitu dengan memberikan kualitas terbaik dari produknya, serta dari produk yang dipersaingkan yang merupakan produk yang halal sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_172 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 05:32
Last Modified: 03 May 2021 05:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1371

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item