Anggraeni, Ayu Erinawati (2021) Penerapan Etika Komunikasi di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (224kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (676kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (390kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (322kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (195kB) |
Abstract
Kata Kunci: Etika Komunikasi, Kantor Perkantoran umumnya berada di garda terdepan dalam keseluruhan bangunan organisasi kelembagaan. Citra lembaga niscaya ditentukan juga oleh performansi kantor yang ditampilkan melalui sosok layanan prima para pegawainya. Kinerja SDM yang proaktif, responsif, ramah (friendly), solusif, serta memuaskan pelanggan terbukti menjadi andalan bagi kebesaran suatu lembaga. Hal ini berarti pelayanan prima berkaitan erat dengan kantor sebagai tempat dan proses berlangsungnya layanan pelanggan di suatu organisasi maupun perusahaan. Sehingga perlu membangun komunikasi yang baik agar dapat tercipta hubungan yang harmonis dengan orang lain. Begitupun dalam suatu organisasi, komunikasi menjadi kunci utama dalam proses pertukaran informasi antar bagian dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Etika Komunikasi di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Madura. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: bentuk, manfaat serta cara penerapan etika komunikasi dalam kantor di LPM IAIN Madura Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah, Ketua LPM IAIN Madura dan pegawai yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Bentuk etika komunikasi yaitu terletak di posisi jabatan masing-masing. Bentuk etika komunikasi tersebut tidak tertulis secara utuh dalam kegiatan keseharian, akan tetapi tertulis dalam kesadaran posisi jabatan masing-masing sehingga berjalan secara alamiah dalam posisi keseharian kita sesuai kedewasaan dalam bersikap. Bentuk reward dan punishment dari penerapan etika komunikasi yaitu bentuk reward itu sudah di atur oleh Negara, Institusi atau unit masing-masing di lingkungan LPM berbentuk kesejahteraan diri misalkan seperti peningkatan jabatan fungsional masing-masing. Sedangkan ukuran punishment itu berjenjang dari yang standard sampai ke yang berat tergantung volume pelanggaran dan yang terberat dilaporkan ke pimpinan untuk dievaluasi lebih lanjut. Kedua, Manfaat penerapan etika komunikasi di LPM yaitu dalam kehidupan sosial kantor yaitu pertama, sadar akan fungsi dan jabatan masing-masing. Kedua, terbentuknya disiplin dan aturan tugas masing-masing. Kemudian dalam team work dan kinerja adanya sinkronisasi dan gimestri sehingga bersinergi untuk mencapai visi bersama. Ketiga, Cara menerapkan etika komunikasi di kantor LPM IAIN Madura yaitu dengan membentuk kesadaran. Kesadaran di antaranya kesadaran stratif dan kesadaran administratif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_088 ?? ?? m_170 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1565 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |