Inovasi Disruptif dalam Strategi Pemasaran Segmentation, Targeting, dan Positioning (Studi Kasus Go-Jek di Kabupaten Kota Pamekasan)

Putra, Dendi Apriliyanto Handika (2020) Inovasi Disruptif dalam Strategi Pemasaran Segmentation, Targeting, dan Positioning (Studi Kasus Go-Jek di Kabupaten Kota Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Cover_ES.pdf

Download (70kB)
[img] Text
3) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Lembar_Persetujuan_ES.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Abstrak_ES.pdf

Download (21kB)
[img] Text
6) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (26kB)
[img] Text
7) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_BAB I_ES.pdf

Download (209kB)
[img] Text
8) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
9) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
10) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_BAB IV_ES.pdf

Download (302kB)
[img] Text
11) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
12) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (74kB)
[img] Text
2) Dendi Apriliyanto Handika Putra_201607030032_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_ES.pdf

Download (27kB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis pada era globalisasi saat ini semakin ketat, mengakibatkan segala sesuatu bergerak dengan cepat, dan situasipun akan cepat berubah yang kemudian berpengaruh terhadap suatu capaian perusahaan. Fenomana inilah yang kemudian dikenal sebagai inovasi disruptif. inovasi bisnis semacam ini muncul untuk merubah sistem pelayanan yang sudah mulai menua dengan artian memperbaiki pelayanan pada pasar agar konsumen lebih mudah mendapatkan suatu informasi, produk ataupun layanan yang diinginkan yang di tandai dengan 3S yaitu Speed, Surprises, dan sudden shift. Keberhasilan suatu perusahaan tidak lepas dari adanya tantangan dari pesaing, khususnya dalam dunia bisnis. Maka dari itu dibutuhkan suatu strategi baik yang harus diterapkan untuk menunjang pencapaian suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan mampu mencapai tujuan tersebut, maka perusahaan tersebut dapat dikategorikan berhasil. Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk menganalisis Speed, Surprises dan Sudden Shift pada Segmentation Go-Jek di Kabupaten kota Pamekasan; kedua, untuk menganalisis Speed, Surprises dan Sudden Shift pada Targeting Go-Jek di Kabupaten kota Pamekasan; ketiga, untuk menganalisis Speed, Surprises dan Sudden Shift pada Positioning Go-Jek di Kabupaten kota Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi dengan melibatkan beberapa Informan yaitu pengurus, mitra driver dan pelanggan Go-Jek di Pamekasan. Serta pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Go-Jek di Pamekasan menggunakan 2 jenis segmentasi pasar yaitu segmentasi geografis dengan membagi atau mengelompokkan mitranya di setiap wilayah agar mudah di jangkau oleh konsumen dan segmentasi psikografis mengelompokkan berbagai jenis layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kedua, Strategi sasaran pasar (target market) yang dituju oleh Go-Jek di Pamekasan tidak ada sasaran khusus kepada konsumen yang ingin menggunakan layanan dalam aplikasi Go-Jek. GoJek bisa di akses oleh semua kalangan untuk semua layanan yang ada di dalam aplikasi Go-Jek sesuai kebutuhan pengguna. Ketiga, Penentuan posisi pasar atau Positioning Go-Jek di Pamekasan juga didasarkan pada penentuan atribut harga dan kualitas produk. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan atau alasan konsumen memilih untuk menggunakan jasa transportasi Go-Jek di Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:49
Last Modified: 29 Dec 2022 01:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/193

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item