Implementasi Metode Bernyanyi dalam Memperkuat Hafalan 25 Nabi Bagi Siswa Kelas II di SDN Pagagan 2 Pademawu

Nurjamilah, Sitti (2021) Implementasi Metode Bernyanyi dalam Memperkuat Hafalan 25 Nabi Bagi Siswa Kelas II di SDN Pagagan 2 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sitti Nujamilah_ 20170701052066_Cover_PGMI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Sitti Nurjamilah_20170701052066_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Sitti Nurjamilah_2017070052066_Lembar Pengesahan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Sitti Nurjamilah_20170701052066_Abstrak_PGMI.pdf.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Sitti Nurjamilah_20170701052066_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Sitti Nujamilah_20170701052066_BAB I_PGMI.pdf.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Sitti Nujamilah_20170701052066_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
Sitti Nujamilah_20170701052066_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Sitti Nujamilah_20170701052066_BAB IV_PGMI.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Sitti Nujamilah_20170701052066_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Sitti Nurjamilah_20170701052066_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Sitti Nurjamilah_20170701052066_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf.pdf

Download (76kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Hafalan 25 Nabi Implemtasi metode bernyanyi merupakan penerapan metode bernyanyi yang dilakukan untuk bisa memperkuat hafalan 25 nabi bagi siswa kelas II. Oleh karena itu metode bernyanyi ini dilakukan agar dapatmemotivasi semangat belajar siswa dalam menghafal 25 Nabi. Sehingga dengan penerapan metode bernyanyi ini kemampuan menghafal atau mengingat nama-nama 25 nabi bisa dilakukan siswa dengan mudah.Proses menghafal ini berkaitan erat dengan kemampuan mengingat (remembering) yang melibatkan usaha menyimpan sesuatu yang telah di alami untuk suatu saat di keluarkan kembali atas permintaandan memorinya bisa dipanggil kembali. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan proses pembelajaran menghafal nama-nama 25 nabi melalui metode bernyanyi pada siswa di SDN Pagagan 2 Pademawu, kedua, Bagaimana pelaksanaan proses penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar nama-nama 25 nabi di SDN Pagagan 2 Pademawu, ketiga, Bagaimana hasil penguatan hafalan 25 Nabi melalui metode bernyanyi kelas II di SDN Pagagan 2 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,Perencanaan yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Pagagan 2 yaitu Guru mempelajari materi 25 Nabi. Guru membuat syair nama-nama 25 nabi. Guru menyelaraskan not, syair dan urutan nama-nama agar mudah dihafal. kedua, guru terlebih dahulu menjelaskan pengertian dari nabi dan rasul serta menyebutkan nama-nama 25 nabi yang kemudian guru dan siswa menyanyi bersama nama�nama 25 nabi dan target siswa yang harus hafal adalah 50 %.ketiga, Hasil dari penerapan metode bernyanyi ini terlihat jelas bahwa siswa bisa menghafalnya dengan mudah. Serta metode bernyanyi ini memberikan dampak yang baik bagi guru maupun siswa.Sebelum menggunakan metode bernyanyi 0% siswa yang hafal tetapi setelah menggunakan metode bernyanyi sebanyak 71,4 %

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_028 ??
?? m_048 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:06
Last Modified: 20 Apr 2022 02:06
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2132

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item