Implementasi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) produk Simpanan pada KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru Kabupaten Pamekasan

Humaidi, Mohammad (2020) Implementasi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) produk Simpanan pada KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_COVER_PBS.pdf

Download (347kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_HALAMAN PERSETUJUAN_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_HALAMAN PENGESAHAN_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (186kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_DAFTAR ISI_PBS.pdf

Download (23kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_BAB I_PBS.pdf

Download (44kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_BAB IV_PBS.pdf

Download (125kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_DAFTAR PUSTAKA_PBS.pdf

Download (24kB)
[img] Text
MOHAMMAD HUMAIDI_18201302020276_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PBS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Dan Positioning, Produk Simpanan. Setiap perusahaan mempunyai strategi dalam berbisnis, baik perusahaan berskala kecil, menengah, ataupun besar. Agar suatu perusahaan dapat bertahan atau meningkatkan laba yang diinginkan maka sektor yang berhubungan dengan konsumen perlu mendapatkan perhatian serius. BMT Nuri atau dikenal dengan KSPPS NURI JATIM, merupakan sebuah perusahaan yang dalam memasarkan produknya memerlukan strategi segmenting, targeting, dan positioning untuk kemudian dapat membantu memudahkan didalam menawarkan produk-produknya agar diterima dan berkesesuaian dengan kebutuhan serta keinginan pasar. Oleh karena digunakannya strategi segmenting, targeting, dan positioning ini memungkinkan membantu operasionalisasi KSPPS NURI JATIM dapat bersaing dengan sehat dan berkelanjutan untuk jangka panjang. Fokus penelitian adalah sebagai berikut; a). Bagaimana implementasi segmenting, targeting, dan positioning produk simpanan pada KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru Kabupaten Pamekasan?, b). Bagaimana peluang dan hambatan pemasaran produk simpanan pada KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru Kabupaten Pamekasan?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Informan dalam penelitian ini adalah pihak pimpinan dan karyawan sebagai pihak intern serta nasabah sebagai pihak ekstern. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1) Implementasi STP produk Simpanan di KSPPS Nuri Jawa timur sebagai berikut; a). segmenting dilakukan dengan tidak menetapkan kriteria yang secara husus, ia berupaya melayani semua elemen masyarakat yang bisa dijangkau. b). targeting dilakukan dengan lebih mengutamakan wilayah pasar juga sekitar lingkung tempat tinggal karyawannya. c). positioning dilakukan dengan memberikan souvenir pada akhir tahun juga menyediakan jasa sebagai EO (Event Organiser) ketika dari salah satu anggota produk Simpanannya memiliki event besar, dan hal ini sering dilakukan dengan pihak lembaga yang sudah menjadi mitra dalam mengambil manfaat produk simpanan. 2) Peluang yang dimiliki a). Terdapat masyarakat waru yang berstatus sebagai alumni Pondok Pesantren Banyuanyar, b). Mayoritas masyarakatnya yang berkeyakinan terhadap ajaran Islam sehingga membantu memudahkan memasarkan produk-produk simpanan lembaga tersebut dan c). Tidak ada lembaga pesaing yang memiliki pangsa pasar dominan, serta d). KSPPS NURI JATIM memiliki peluang mengambil alih minat pasar dari pesaingnya dengan produknya. Sedangkan ancamannya adalah terbatasnya Sumber Daya Manusia yang disusul dengan adanya lembaga keuangan lain yang juga berbasiskan Islam juga beroperasi di wilayah tersebut juga produk substitusi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:15
Last Modified: 19 Apr 2022 02:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2202

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item