Strategi Penjualan Dalam Perspektif Islam pada UMKM Terdampak Covid-19 di Bidang Kuliner dan Fashion di Pamekasan

Sari Safitri, Sintia (2022) Strategi Penjualan Dalam Perspektif Islam pada UMKM Terdampak Covid-19 di Bidang Kuliner dan Fashion di Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Cover_ES.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES .pdf

Download (102kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Abstrak_ES.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_BAB_I_ES.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_BAB_II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_BAB_III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_BAB_IV_ES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_BAB_V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Sintia Sari Safitri_18383032178_Surat_Keaslian_Tulisan_ES.pdf

Download (261kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Penjualan dan Covid-19 Saat ini di masa pandemi covid-19 banyak sekali masyarakat yang mengeluh, terutama bagi usaha UMKM dimana usaha yang dijalani mengalami hambatan. Dampak yang diakibatkan pada saat pandemi covid-19 bagi UMKM terdapat pada tingkat penjualannya, dimana terjadi penurunan yang sangat signifikan ataupun peningkatan dalam hasil penjualan. UMKM yang ada di Pamekasan Khususnya Bakmi01, Salad Buah Cinta, Warung Makan Cak Yud, Lucky Collect dan Rumah Tas, juga merasakan dampak covid-19 dimana usaha yang mereka jalankan mengalami hambatan. Strategi penjualan disini sangat dibutuhkan dimana untuk tetap stay on market di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Tingkat Penjualan UMKM di Bakmi01, Salad Buah Cinta, Warung Makan Cak Yud, Lucky Collect, dan Rumah Tas Najwa di Pamekasan, dan Bagaimana Strategi Penjualan Dalam Perspektif Islam untuk Stay on Market pada Saat Pandemi Covid-19 di Bakmi01, Salad Buah Cinta, Warung Makan Cak Yud, Lucky Collect, dan Rumah Tas Najwa di Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif. Penelitian kualititif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Sumber data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, dimana dalam metode wawancara menggunkan wawancara semiterstruktur, dokumentasi dan observasi. Informasi diperoleh dari owner dari UMKM sendiri. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutseraan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penjualan dimasa pandemi pada saat ini dari 5 UMKM yang ada mengalami tingkat pendapatan yang cenderung stabil, tetapi untuk awal-awal pandemi covid-19 Bakmi01 dan Salad Buah Cinta tingkat penjualannya masih stabil, berbeda dengan Warung Makan Cak Yud, Lucky Collect dan Rumah Tas Najwa tingkat penjualannya mengalami penurunan yang sangat signifikan. Strategi yang digunakan semuanya menggunakan media sosial, dari mulut ke mulut dan lainnya. Strategi yang digunakan sudah berdasarkan persepektif Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_029 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 May 2022 01:26
Last Modified: 23 May 2022 01:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2892

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item