Pengaruh Margin dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan

Yanti, Novi (2022) Pengaruh Margin dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_Cover_PBS.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_ Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_Abstrak_PBS.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_BAB I_PBS.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_BAB IV_PBS.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Novi Yanti_ 18383022135_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (179kB)

Abstract

Kata Kunci : Margin, Kualitas Pelayanan, Minat Anggota Pembiayaan Bai Bitsaman Ajil (BBA) adalah suatu perjanjian pembiayaan yang disepakati antara bank syariah dengan nasabah, dimana bank syariah menyediakan dananya untuk sebuah investasi atau pembelian barang modal dan usaha anggotanya yang kemudian proses pembayarannya dilakukan secara mencicil atau kredit. Margin merupakan tingkat selisih antara tingkat keuntungan dan harga jual. Kualitas pelayanan yang baik digunakan untuk meningkatkan minat anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh margin dan kualitas pelayanan terhadap minat anggota pada pembiayaan bai’ bitsaman ajil di KSPPS BMT NU Jatim cabang Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pembiayaan bai’ bitsaman ajil di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu sejumlah 1,304. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel adalah minimal 93 anggota yang menggunakan pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil (BBA) tetapi dalam hal ini peneliti mengambil 95 responden dengan menyebar kuisioner kepada anggota pembiayaan bai’ bitsaman ajil. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t variabel margin mempunyai thitung sebesar 3,914 > ttabel 1,989, dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, artinya variabel margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. Variabel kualitas pelayanan (X2) mempunyai thitung sebesar 4,385 > ttabel 1,989 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. Uji F (simultan) diperoleh nilai Fhitung sebesar 35,845 > Ftabel 3,09 dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa margin dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat anggota (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel margin dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat anggota pada pembiayaan bai’ bitsaman ajil di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_200 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:56
Last Modified: 18 Jul 2023 03:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2956

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item