Analisis Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VI SDN Larangan Badung I Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan

Istiyana, Indah (2022) Analisis Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VI SDN Larangan Badung I Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
A. Indah Istiyana_18381052034_COVER_PGMI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
C. Indah Istiyana_18381052034_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
D. Indah Istiyana_18381052034_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
F. Indah Istiyana_18381052034_KATA PENGANTAR_PGMI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
E. Indah Istiyana_18381052034_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
G. Indah Istiyana_18381052034_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
H. Indah Istiyana_18381052034_BAB I_PGMI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
I. Indah Istiyana_18381052034_BAB II _PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
J. Indah Istiyana_18381052034_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
K. Indah Istiyana_18381052034_BAB IV_PGMI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
L. Indah Istiyana_18381052034_BAB V PENUTUP_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
M. Indah Istiyana_18381052034_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
N. Indah Istiyana_18381052034_SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI_PGMI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
O. Indah Istiyana_18381052034_LAMPIRAN_PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
P. Indah Istiyana_18381052034_RIWAYAT HIDUP_PGMI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran , Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Dalam peningkatan hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn guru melakukan proses pembelajaran dengan benar tentunya guru perlu memperhatikan model pembelajaran yang baik dan sesuai kebutuhan siswa. Penggunaan Model pembelajaran merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran diskusi kelompok kecil menjadi salah satu cara guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana proses pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran diskusi kelompok kecil di kelas VI SDN Larangan Badung I palengaan pamekasan, kedua Bagaimana hasil pembelajaran PPKn di kelas VI SDN Larangan Badung I palengaan pamekasan dengan penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil dan ketiga Apa kelebihan dan kekurangan model pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah SDN Larangan Badung I, wali kelas VI SDN Larangan Badung I, dan siswa kelas VI sebanyak 5 orang dari 24 siswa yang dipilih berdasarkan rangking kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama: proses pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Larangan Badung I menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok kecil yang mana dalam pelaksanaannya guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok kemudian siswa diberikan soal yang akan didiskusikan oleh masing-masing kelompok dengan anggotanya dan guru mengawasi siswanya agar siswa dapat melakukan diskusi dengan benar. Kedua, penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam proses pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Larangan Badung I dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan sebelumnya yang berupa adanya kenaikan nilai hasil belajar dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok kecil. Ketiga, penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil mempunyai kelemahan dan kelebihan. Adapun kelebihannya yaitu melatih siswa untuk lebih aktif, mengajarkan siswa tentang diskusi dan melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain. Kelemahan dari model pembelajaran diskusi kelompok kecil yaitu membutuhkan waktu yang cukup panjang dan jika tidak ada pengawasan dari guru terkadang hanya beberapa siswa yang aktif dalam proses diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:29
Last Modified: 27 Jan 2023 08:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3287

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item