Analisis Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial pada Masa Pandemi Covid-19 pada UMKM Family Bakery di Desa Kolpajung, Pamekasan

Sutrisno, Puspita Triwidya (2022) Analisis Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial pada Masa Pandemi Covid-19 pada UMKM Family Bakery di Desa Kolpajung, Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Cover_ES.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Lembar Pengesahan_ES.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Abstrak_ES.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_BAB I_ES.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_BAB IV_ES.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Puspita Triwidya Sutrisno_18383032153_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_ES.pdf

Download (228kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Media sosial, Pandemi Covid-19, UMKM Salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga terdampak pandemi Covid-19 adalah UMKM Family Bakery Pamekasan. Dampak pandemi yang dirasakan oleh Family Bakery adalah terjadinya penurunan omset sekitar 50% dari pendapatan biasanya. Strategi promosi yang digunakan Family Bakery adalah media sosial aplikasi Whatshapp untuk mempromosikan produk dengan mudah. Hal tersebut sangat berbeda dengan lima Bakery lainnya yang di jadikan perbandingan diatas, dimana kelima UMKM tersebut menggunakan berbagai macam media sosial dalam pemasarannya. Namun, Family Bakery tetap menjadi pemasok pada toko-toko besar dan kecil yang ada di Kota Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada lima fokus penelitian yang menjadi kajian utama pada penelitian ini, yaitu Pertama, bagaimana dampak pada masa pandemi Covid-19 pada penjualan di Family Bakery. Kedua, penerapan strategi pemasaran upaya meningkatkan pendapatan pada masa pandemi Covid-19. Ketiga, peluang dan kendala pada masa pandemi Covid-19 di Family Bakery di Desa Kolpajung, Pamekasan. Keempat, bagaimana cara memaksimalkan peluang. Kelima, bagaimana mengantisipasi kendala pada Family Bakery di Desa Kolpajung, Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian merupakan deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Data yang diperoleh dari lapangan di cek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pada masa pandemi Covid-19 Family Bakery mengalami penurunan pendapatan hingga 50%, adanya pengurangan karyawan, bahan baku roti menjadi langka dan mahal, dan adanya pengembalian produk (return). Kedua, strategi yang digunakan oleh Family Bakery untuk bertahan pada masa pandemi Covid-19 adalah penggunaan media sosial seperti Whatshapp, pembuatan produk baru dengan kemasan yang menarik. Ketiga, peluang dari Family Bakery adalah memiliki cangkupan pasar yang luas, dan adapun kendala Family Bakery, yaitu kurangnya pelatihan tentang digital marketing dan munculnya pesaing baru. Keempat, untuk memaksimalkan peluang pada Family Bakery yaitu dengan meningkatkan perencanaan dan strategi yang ada. Kelima, Family Bakery memiliki berbagai macam kendala yang harus dihadapi, namun hal tersebut masih bisa dikendalikan dengan berbagai macam kekuatan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:25
Last Modified: 12 Jul 2023 03:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3298

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item