Haryono, Haryono (2020) Pelaksanaan Supervisi Akademik Berbasis Cooperative Profesional Development dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Haryono_ 20160701040077_ Sampul_ MPI.pdf Download (429kB) |
|
Text
c) Haryono_ 20160701040077_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_ MPI .pdf Download (28kB) |
|
Text
d) Haryono_ 20160701040077_ Lembar_ Pengesahan_ MPI.pdf Download (48kB) |
|
Text
e) Haryono_ 20160701040077_ Abstrak_ MPI.pdf Download (196kB) |
|
Text
f) Haryono_ 20160701040077_ Daftar Isi_ MPI.pdf Download (349kB) |
|
Text
g) haryono_ 20160701040077_ BAB I_ MPI .pdf Download (274kB) |
|
Text
h) Haryono_ 20160701040077_ BAB II_ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
i) Haryono_ 20160701040077_ BAB III_ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
j) Haryono_ 20160701040077_ BAB IV_ MPI.pdf Download (563kB) |
|
Text
k) Haryono_ 20160701040077_ BAB V_ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
l) Haryono_ 20160701040077_ Daftar Pustaka_ MPI.pdf Download (16MB) |
|
Text
b) Haryono_ 20160701040077_ Surat_ Pernyataan_ Keaslian_ Tulisan_ MPI.pdf Download (39kB) |
Abstract
Katakunci: Supervisi, kinerja Guru. Supervisi merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dan perlu dirumuskan dengan matang, termasuk perumusan Supervisi Akademik berbasis Cooperative Profesional Development dalam meningkatkan kinerja guru.Untuk mewujudkan Supervisi yang baik perlu dilakukan pengelolaan atau manajemen supervisi yang baik, khususnya Supervisi berbasis cooperative profesional development. Supervisi berbasis CPD perlu di rumuskan dengan matang, mulai dari pelaksanan hingga hal hal yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru melalui Supervisi berbasis CPD. elemen ini akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kinerja guru yang profesioal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.Informennya adalah kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, waka kurikulum dan salah satu guru mata pelajaran .Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan supervisi akademik berbasis CPD dilakukan oleh sesama rekan guru dapat meningkatkan kinerja guru terlihat dari kemampuan guru dalam penguasaan materi bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran.Kedua peningkatan profesionalisme kinerja guru melalui supervise model CPD dapat dilakukan dengan dialog profesional, peer supervision, peer teaching dan forum MGMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 01:56 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 08:53 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/342 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |