Pelaksanaan Supervisi Akademik Berbasis Cooperative Profesional Development dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan

Haryono, Haryono (2020) Pelaksanaan Supervisi Akademik Berbasis Cooperative Profesional Development dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Haryono_ 20160701040077_ Sampul_ MPI.pdf

Download (429kB)
[img] Text
c) Haryono_ 20160701040077_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_ MPI .pdf

Download (28kB)
[img] Text
d) Haryono_ 20160701040077_ Lembar_ Pengesahan_ MPI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
e) Haryono_ 20160701040077_ Abstrak_ MPI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
f) Haryono_ 20160701040077_ Daftar Isi_ MPI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
g) haryono_ 20160701040077_ BAB I_ MPI .pdf

Download (274kB)
[img] Text
h) Haryono_ 20160701040077_ BAB II_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
i) Haryono_ 20160701040077_ BAB III_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
j) Haryono_ 20160701040077_ BAB IV_ MPI.pdf

Download (563kB)
[img] Text
k) Haryono_ 20160701040077_ BAB V_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
l) Haryono_ 20160701040077_ Daftar Pustaka_ MPI.pdf

Download (16MB)
[img] Text
b) Haryono_ 20160701040077_ Surat_ Pernyataan_ Keaslian_ Tulisan_ MPI.pdf

Download (39kB)

Abstract

Katakunci: Supervisi, kinerja Guru. Supervisi merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dan perlu dirumuskan dengan matang, termasuk perumusan Supervisi Akademik berbasis Cooperative Profesional Development dalam meningkatkan kinerja guru.Untuk mewujudkan Supervisi yang baik perlu dilakukan pengelolaan atau manajemen supervisi yang baik, khususnya Supervisi berbasis cooperative profesional development. Supervisi berbasis CPD perlu di rumuskan dengan matang, mulai dari pelaksanan hingga hal hal yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru melalui Supervisi berbasis CPD. elemen ini akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kinerja guru yang profesioal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.Informennya adalah kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, waka kurikulum dan salah satu guru mata pelajaran .Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan supervisi akademik berbasis CPD dilakukan oleh sesama rekan guru dapat meningkatkan kinerja guru terlihat dari kemampuan guru dalam penguasaan materi bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran.Kedua peningkatan profesionalisme kinerja guru melalui supervise model CPD dapat dilakukan dengan dialog profesional, peer supervision, peer teaching dan forum MGMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 21 Dec 2020 01:56
Last Modified: 20 Jan 2023 08:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/342

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item