tamam, Badrut (2022) Penerapan Strategi Pemasaran Distinctive Competence dalam Penerimaan Siswa Baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Badrut Tamam_18381041025_Cover_MPI.pdf.pdf Download (316kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_Halaman Persetujuan_MPI.pdf.pdf Download (267kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_Halaman Pengesahan_MPI.pdf.pdf Download (78kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_Abstrak_MPI.pdf.pdf Download (394kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_Daftar Isi_MPI.pdf.pdf Download (195kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_BAB I_MPI.pdf.pdf Download (448kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_BAB II_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_BAB III_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_BAB IV_MPI.pdf.pdf Download (700kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_BAB V_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_Daftar Pustaka_MPI.pdf.pdf Download (308kB) |
|
Text
Badrut Tamam_18381041025_Keaslian Tulisan_MPI.pdf.pdf Download (64kB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Distinctive Competence,Penerimaan Siswa Baru Promosi sekolah merupakan alat pemasaran jasa pendidikan yang dapat berfungsi untuk memasarkan dunia pendidikan. Pengaruh globalisasi pendidikan memberikan dampak serius pada persaingan dunia pendidikan untuk mampu memproduksi kualitas sumber daya manusia yang handal dan kompetitif. Strategi pemasaran yang ada di sekolah dapat dilihat dari berbagai uapaya kreatif dan inovatif dari para penyelenggara pendidikan untuk menggali keunikan dan keunggulan dari sekolah. SMK Al-Mujtama’ menggunakan startegi pemasaran distinctive competence guna untuk menarik peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana perencanaan strategi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, Kedua bagaimana pelaksanaan startegi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, Ketiga bagaimana dampak dari strategi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK Al�Mujtama’ Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, panitia penerimaan siswa baru, guru, siswa dan masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutansertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan strategi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK Al�Mujtama’ Pamekasan, berpedoman pada keunggulan sekolah dan prestasi nilai yang di dapat dari ujian test masuk, yang mana keunggulan di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan siswa mampu membuat gaun, siswa mampu menjalankan mesin bordir digital dan siswa mampu mengaplikasikan absensi elektronik sesuai dengan kartu identitas siswa. Pihak lembaga sekolah menyediakan fasilitas untuk siswa mengembangkan kemampuannya sehingga membuat siswa lebih kreatif dan inovatif. Kedua, pelaksanaan startegi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, kegiatan promosi penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ membagun kerjasama dengan melibatkan stakeholder madrasah, alumni dan sekolah lain untuk mempromosikan dan membantu publikasi pada saat menjelang PPDB kepada masyarakat melalui media sosial seperti website, whatsapp, facebook dan instragram. Ketiga, dampak dari strategi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di vi SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, dampak dari startegi distinctive competence 90% berdampak positif bagi lembaga khususnya SMK Al-Mujtama’ Pamekasan lembaga disana menyediakan jurusan dan ekstrakurikuler yang mendukung kegiatan siswa sehingga siswa bisa mengembangkan kemampuan dan pengetahuan. SMK Al-Mujtama’ Pamekasan menggunakan strategi distinctive competence untuk menarik calon siswa baru dengan beragam hasil kreatif siswa sehingga hasilnya bisa dipamerkan dan dilihat oleh masyarakat. Di SMK Al�Mujtama’ menggunakan tes IQ untuk menjadikan penlilaian siswa baru dan memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:32 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4037 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |