Implementasi Model Pembalajaran Kelompok Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini di TK Muslimat III Durbuk Pademawu Pamekasan

Qomariyah, Nurul (2022) Implementasi Model Pembalajaran Kelompok Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini di TK Muslimat III Durbuk Pademawu Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
18381062067_SAMPUL.pdf

Download (247kB)
[img] Text
18381062067_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
18381062067_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
18381062067_ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
18381062067_KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[img] Text
18381062067_DAFTAR ISI.pdf

Download (642kB)
[img] Text
18381062067_BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
18381062067_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
18381062067_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
18381062067_BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
18381062067_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
18381062067_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
18381062067_surat keaslian tulisan,(1).pdf

Download (118kB)
[img] Text
18381062067_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18381062067_Surat Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
18381062067_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (290kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Kelompok Penerapan model pembelajaran kelompok adalah model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemandirian, sosialisasi, dan kemampuan anak. Penelitian ini yang dilatarbelakangi oleh aspek perkembangan anak yang belum berkembang maksimal dikarenakan model pembelajaran yang belum maksimal diterapkan. Hal tersebut terlihat pada anak yang kurang dalam bersosialisasi dan tidak mandiri saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru menerapkan model pembelajaran kelompok di TK Muslimat III Durbuk dan faktor pendukung serta faktor penghambat dari implementasi model pembelajaran kelompok. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implimentasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini di TK Muslimat III Durbuk Pademawu Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implimentasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini di TK Muslimat III Durbuk Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di TK Muslimat III Durbuk Pademawu pamekasan. Sumber data yang diperoleh yaitu dari data primer (data yang diperoleh dari Guru dan Siswa ) sedangkan data sekunder (diperoleh dari hasil karya). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implimentasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kemampuan membaca anak, anak dikelompokkan menjadi 4 orang menurut tingkat perkembangan membaca anak, membaca buku secara bergiliran, menstimulasi anak dengan metode percakapan dan tanya jawab. Dengan adanya pembelajaran kelompok anak lebih bersemangat dan fokus karena ada rasa kebersamaan dan menumbuhkan sikap asah dan asih pada anak didik. Kedua, faktor pendukung implimentasi model pembelajarann kelompok dalam mengembangkan kemampuan membaca anak di TK Muslimat III yaitu ruang belajar yang menarik, media pembelajaran yang menarik serta lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dari model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kemampuan membaca anak di TK Muslimat III yaitu kurangnya minat anak dalam menyimak dan mendengarkan, kurang patuh, sering mengganggu teman dan kurangnya interaksi satu anak dengan anak lainnya. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa guru telah mengimplementasikan model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kemampuan membaca anak dengan cara anak dikelompokkan menjadi beberapa kelompok sehingga anak mudah berinteraksi dengan teman lain. Dengan faktor pendukung dengan adanya ruang belajar yang menarik, media pembelajaran yang menarik, faktor penghambatnya yaitu interaksi sosial yang pasif dalam menyimak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:05
Last Modified: 31 Mar 2023 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4070

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item