Strategi Komunikasi Pemasaran Stasiun Televisi Lokal Hikmah TV Pamekasan dalam Meningkatkan Minat Penonton

Musfiqi, Musfiqi (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Stasiun Televisi Lokal Hikmah TV Pamekasan dalam Meningkatkan Minat Penonton. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Musfiqi_19382061013_Cover_KPI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_KPI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_Lembar_Pengesahan_KPI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_Abstrak_KPI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_Daftar_Isi_KPI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_BAB I_KPI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_BAB IV_KPI.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_Daftar_Pustaka_KPI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Musfiqi_19382061013_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_KPI.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Penonton, pelanggan, Strategi. Perkembangan teknologi dan komunikasi menyebabkan munculnya televisi-televisi nasional seperti SCTV, ANTV , RCTI yang saat ini terus berkembang. Selain televisi nasional, TV lokal sekarang ini juga sudah bermunculan diberbagai Kabupaten khususnya Pamekasan seperti JTV Madura dan Hikmah TV. Persaingan antar media terjadi ketika televisi tersebut sama-sama memanfaatkan perkembangan media dalam mempublikasikan program atau konten-kontennya dengan tujuan meningkatkan minat penonton. Organisasi Hikmah TV tentunya memliki strategi dalam meningkatkan minat penonton atau pelanggannya. Strategi tersebut yaitu strategi komunikasi pemasaran atau marketing. Sehingga dalam penelitian ini yang menjadi konteks penelitian yaitu pertama, bagaimana strategi komunikasi pemasaran Hikmah TV dalam meingkatkan minat penonton. Kedua, bagaimana peluang dan hambatan Hikmah TV dalam meningkatkan minat penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dimana penelitian tersebut merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan langsung pada instansi yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Jenis penelitian lapangan ini bersifat deskriptif. Artinya menjelaskan secara mendalam bagaimana strategi komunikasi pemasaran, hambatan, dan peluang televisi lokal Hikmah TV dalam meningkatkan minat penonton atau pelanggan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini. Pertama, strategi komunikasi pemasaran televisi lokal hikmah TV dalam meningkatkan minat penonton atau pelanggan termasuk jenis strategi komunikasi pemasaran Bottom Up dan jenis pemasaran relationship marketing. Strategi yang digunakan seperti mengutamakan pelayanan. Lebih mengutamakan pelayanan karena Hikmah TV sifatnya menjual jasa. Selain itu strategi yang digunakan yaitu memanfaatkan perkembangan media, dan penambaham program nasional dan internasional. Kedua, Penghambat atau tantangan Hikmah TV dalam meningkatkan minat penonton adalah persaingan media yang kompetitif dan semakin berkembang, kekurangan sumber daya manusia atau SDM. Kemudian peluang Hikmah TV sangat besar dalam meningkatkan minat penonton atau pelanggan yaitu dengan cara bisa bersaing dengan media-media lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 25 May 2023 03:21
Last Modified: 25 May 2023 03:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4221

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item