Analisis Komunikasi Marketing BMT NU Gapura Sumenep dalam Menarik Minat Nasabah Di Era Pandemi Covid-19

Isnaini, Rafidatul (2023) Analisis Komunikasi Marketing BMT NU Gapura Sumenep dalam Menarik Minat Nasabah Di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Rafida_20160702060040_Cover_KPI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_Hal persetujuan_KPI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_Hal PENGESAHAN_KPI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_ABSTRAK_KPI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_DAFTAR ISI_KPI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_BAB I_KPI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_BAB IV_KPI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_Daftar pustaka_KPI_.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Rafida_20160702060040_keaslian tulisan_KPI.pdf

Download (100kB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Marketing, Minat, Pandemi Komunikasi marketing menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan nasabah serta menjadi peranan penting dalam pemasaran. Setiap komunikasi yang dilakukan tentu memiliki pengaruh terhadap orang lain atau lawan bicaranya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi komunnikasi yang digunakan marketing BMT NU Gapura Sumenep dalam membangun hubungan yang baik dengan nasabah di era pandemi covid-19; kedua, media apa yang digunakan marketing BMT NU Gapura Sumenep dalam menarik minat nasabah di era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung di lapangan, melakukan observasi secara mendalam, melakukan penyebaran angket, serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, marketing BMT NU Gapura sumenep dalam membangun hubungan yang baik dengan publik internal dan eksternal. Membangun komunikasi marketing yang baik dengan publik merupakan point penting dalam meningkatkan minat nasabah. Kedua, media yang digunakan marketing BMT NU Gapura Sumenep dalam menarik minat nasabah di era pandemi covid-19. Pertama, marketing menggunakan media klasik sebagai pempublikasian untuk mengenalkan kepada masyarakat luas pada khususnya masyarakat Gapura mengenai keberadaan koperasi. Media klasik ini bisa berupa browsur dan kalender, mempunyai manfaat yang sama sebagai alat promosi untuk membranding koperasi Selanjutnya media eklektronik (modern), marketing BMT NU Gapura Sumenep menggunakan media elektronik, yakni menggunakan website, aplikasi whatsapp, facebook, dan instargram. Terkahir aplikasi BMT NU-Q yang di luncrukan oleh BMT NU Gapura Sumenep yang tujuan untuk lebih mempermudah nasabah melakukan transaksi tanpa harus keluar rumah selama pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:33
Last Modified: 16 Aug 2023 03:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4494

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item