Peran Humas Dalam Marketing Mix Sebagai Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Sampang

Ishaq, Muhammad (2020) Peran Humas Dalam Marketing Mix Sebagai Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Muhammad Ishaq_20160701040156_cover_MPI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
c) Muhammad Ishaq_20160701040156_Lembar_Perstujuan-Pembimbing_MPI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
d) Muhammad Ishaq_20160701040156_Lembaran Pengesahan_MPI_Pdf.pdf

Download (194kB)
[img] Text
e) Muhammad Ishaq_20160701040156_Abstrak_MPI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
f) Muhammad Ishaq_20160701040156_Daftar isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
g) Muhammad Ishaq_20160701040156_BAB I-MPI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
h) Muhammad Ishaq_20160701040156_BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
i) Muhammad Ishaq_20160701040156_BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
J) Muhammad Ishaq_20160701040156_BAB IV-MPI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
k) Muhammad Ishaq_20160701040156_BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
l) Muhammad Ishaq_20160701040156_Daftar_Rujukan_MPI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
b) Muhammad Ishaq_20160701040156_Surat_Pernyataan Keaslia_Karya_dan_persetujuan Publik_Mpi.pdf

Download (117kB)

Abstract

Kata kunci: Peran Humas, Marketing Mix, Pemasaran Jasa Pendidikan Humas sekolah memiliki peranan yang penting dalam marketing jasa pendidikan. Seiringnya perkembangan zaman, humas harus mampu membuat strategi marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Untuk itu bagaimana humas mampu membuat komunikasi yang baik dengan masyarakat serta merancang strategi yang efektif dan efesien sehingga menarik masyarakat terhadap sekolah. Berdasarkan hal tersebut maka ada 3 fokus penelitian yaitu 1) bagaimana peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan di MAN 1 Sampang, 2) apa saja pendukung peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan di MAN 1 Sampang, 3) apa saja penghambat dan solusi dari peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan di MAN 1 Sampang. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya waka humas, kepala sekolah dan panitia PPDB MAN 1 Sampang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan di MAN 1 Sampang yaitu memiliki peran menentukan target sasaran dan membuat strategi pemasaran jasa pendidikan dengan membuat brosur, memasang sepanduk serta membuat even-even tahunan seperti aksima, aksioma dan vokasi serta melalui hubungan harmonis, banyaknya alumni. Untuk strategi pemasaran melakukan sosialisasi kesekolah sekolah dan membuat program tahunan (even) 2) Faktor Pendukung yaitu adanya program dan even even yang ada. Sehingga siswa dapat berkrativitas dan berkarya melalui program-program yang ada di MAN 1 Sampang. Karya dan aksi kreasi siswa akan ditampilkan dieven-even tahunan MAN 1 Sampang. Sehingga humas membritakan program, even-even yang sudah terlaksana kemedia sosial. Dengan adanya pemberitaan kemedia sosial akan menarik minat masyarakat terhadap MAN 1 Sampang. 3) hambatan yang di alami dari peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan MAN 1 Sampang yaitu kurangnya angota PPDB sehingga penyampayan informasi secara langsung tidak kontinyu. Dari hambatan itu tidak menjadi penghalang humas dalam memasarkan jasa pendidikanya. Humas MAN Sampang memiliki solusi yaitu membuat kerjasama dengan para alumni dalam memasarkan jasa pendidikanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_081 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:49
Last Modified: 27 Jan 2021 07:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/497

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item