Jannah, Luluk Atul (2020) Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Saat Presentasi Di Depan Kelas Di MTs Al-Mukhlisin Galis. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Luluk Atul Jannah_20170701092056_Cover_BKPI.pdf.pdf Download (118kB) |
|
Text
c) Luluk Atul Jannah_20170701092056_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf.pdf Download (213kB) |
|
Text
d) Luluk Atul Jannah_20170701092056_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf.pdf Download (45kB) |
|
Text
e) Luluk Atul Jannah_2017070102056_Abstrak_BKPI.pdf Download (186kB) |
|
Text
f) Luluk Atul Jannah_20170701092056_ Daftar_Isi_BKPI.pdf.pdf Download (197kB) |
|
Text
g) Luluk Atul Jannah_20170701092056_ BAB 1_BKPI.pdf.pdf Download (590kB) |
|
Text
h) Luluk Atul Jannah_20170701092056_BAB II_ BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
Text
i) Luluk Atul Jannah_20170701092056_BAB III_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
j) Luluk Atul Jannah_20170701092056_BAB IV_BKPI.pdf.pdf Download (330kB) |
|
Text
k) Luluk Atul Jannah_ 20170701092056_BAB V_ BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
l) Luluk Atul Jannah_20170701092056_ Daftar_Pustaka_ BKPI.pdf.pdf Download (299kB) |
|
Text
b) Luluk Atul Jannah_20170701092056_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf.pdf Download (212kB) |
Abstract
Kata Kunci : Teknik Cogntive Restructuring. Kecemasan saat presentasi di depan kelas. Penelitian ini dilatar belakangi Teknik Cognitive Restructuring untuk menurnkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi didepan kelas. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa karena dalam teknik Cognitive Restructuring mengubah pola pikir siswa yang negatif menjadi pola pikir yang lebih positif sehingga dapat mengurangi perasaan cemas saat presentasi di depan kelas. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah 1) Apakah teknik Cognitive Restructuring dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin Galis?;2) Apakah ada perbedaan skor yang signifikan antara sebelum diberikan dan sesudah diberikan teknik Cognitive Restructuring? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil latar di MTs Al-Mukhlisin Galis. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji Teknik Cognitive Restructuringdalam menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin Galis. penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan pre-test dan post-test yaitu pengukuran awal dan pengukuran akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mengetahui perubahan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas setelah diberikan teknik Cognitive Restructuring. Subjek penelitian sebanyak 6 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda wilcoxon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) teknik Cognitive Restructuring dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas. 2) terdapat perbedaan skor tingkat kecemasan siswa antara sebelum dan sesudah diberikan teknik Cognitive Restructuring. Berdasarkan hasil uji jenjang wilcoxon diketahui T hitung = 0, N = 6 siswa dengan taraf signifikan 5%, maka T tabel sebesar 1 yang berarti T hitung lebih kecil T tabel (T hitung≤T tabel) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini disimpulkan bahwa teknik Cognitive Restructuring efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_110 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 08:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 08:16 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/529 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |