Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong

Nasiruddin, Nasiruddin (2022) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Cover_PBS.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Halaman Persetujuan_PBS.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Abstrak_PBS.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_BAB I_PBS.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_BAB IV_PBS.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Nasiruddin_20160703020039_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Mudharabah, Minat Nasabah Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis mengharapkan untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. BMT NU Cabang Camplong merupakan salah satu BMT yang menggunakan strategi pemasaran 7p, Strategi pemasaran yang di lakukan di BMT bertujuan untuk meningkatkan minat nasabah dalam bergabung di BMT NU Cabang Camplong dan juga dibantu dengan jemput bola dalam menabung, untuk menarik nasabah dalam menabung tidaklah mudah sebab di kecamatan Camplong lembaga keuangan yang beroperasi tidak hanya BMT NU akan tetapi masih ada yang lainnya, maka dari itu untuk berpartisipati persaingan BMT NU Cabang Camplong harus menggunakan strategi pemasaran dengan sungguh-sungguh. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama, Untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan minat nasabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang; Kedua, Untuk mengetahui dampak strategi marketing mix terhadap produk tabungan mudharabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai jenis pendekatan penelitian yang menuntut peneliti untuk mengambil kesimpulan berdasarkan pandangan-pandangan yang diperoleh dari partisipan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan adalah data yang berbentuk kata-kata atau gambar dan bukan angka. Data tersebut meliputi hasil wawancara, catatan lapangan, fotografi, video, dokumen dan catatan resmi lainnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, Strategi pemasaran produk tabungan mudharabah BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang dilakukan dengan cara melakukan promosi berupa jasa jemputan angsuran dan tabungan keliling, penetapan biaya administrasi yang murah yaitu sebesar Rp. 10.000. Penentuan letak tempat usaha yang strategis dan penentuan sumber daya manusia yang professional. Kedua, Dampak strategi marketing mix terhadap produk tabungan mudharabah adalah bertambahnya jumlah nasabah yang signifikan dari tahun ke tahun yaitu jumlah nasabah 1.302 pada tahun 2018, 1.848 pada tahun 2019, 2.260 pada tahun 2020, 2.852 pada tahun 2021 dan meningkat menjadi 3.348 pada tahun 2022.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:51
Last Modified: 24 Apr 2024 02:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5420

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item