Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan

Pramudyatama, Rizky Ika (2023) Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Cover_PBS .pdf

Download (28kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Abstrak_PBS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_BAB I_PBS.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_BAB IV_PBS.pdf

Download (918kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Rizky Ika Pramudyatama_19383021166_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (87kB)

Abstract

Kata Kunci : Segmenting, Targeting, Positioning, Keputusan Nasabah. Suatu perusahaan tentunya memiliki konsentrasi pada yang namanya strategi pemasaran. Ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmenting, targeting dan positioning (STP). Segmenting pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau ramuan pemasaran tersendiri. Targeting pasar merupakan proses mengevaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilah salah satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani. Positioning pasar merupakan menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh secara simultan segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan; kedua, apakah ada pengaruh segmenting terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan; ketiga, apakah ada pengaruh targeting terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan; dan keempat, apakah ada pengaruh positioning terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan atau pernah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, secara simultan terdapat pengaruh signifikan segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yaitu Fhitung memiliki nilai 30.544 > Ftabel yaitu 2.70 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < taraf signifikan 0.05; kedua, secara parsial variabel segmenting tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yaitu thitung 1.016 < ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0.312 > taraf signifikan 0.05; ketiga, secara parsial variabel targeting tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yaitu thitung -0.070 < ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0.944 > taraf signifikan 0.05; dan keempat, secara parsial variabel positioning berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yaitu thitung 4.486 > ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < taraf signifikan 0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:25
Last Modified: 24 Jun 2024 08:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5460

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item