Implementasi Ice Breaking Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Mi AlMursidin Tebul Timur Pegantenan Pamekasan

Maulidia, Atiyniy Shofiyaty (2023) Implementasi Ice Breaking Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Mi AlMursidin Tebul Timur Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_COVER_PAI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_PAI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_ABSTRAK-PAI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_BAB I_PAI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_BAB IV_PAI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Atiyniy Shofiyaty,M_19381012186_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (114kB)

Abstract

Kata Kunci : Ice breaking, Kejenuhan, PAI. Jenuh belajar merupakan suatu kondisi yang sering dialami oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, yang mana kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya rasa bosan, dan sebagainya. Oleh karena itu, guna mengatasi kejenuhan belajar dalam diri siswa guru akidah akhlak yang ada di MI Al-Mursidin mengimplementasikan ice breaking baik berupa gerakan, game maupun tepuk-tepuk. Pemberian ice breaking ini efektif untuk mengatasi jenuh belajar siswa sehingga semangat belajar siswa dapat kembali seperti semula. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi ice breaking pada mata pelajaran akidah akhlak untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di MI AlMursidin Tebul Timur Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana implementasi ice breaking pada mata pelajaran akidah akhlak untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di MI Al-Mursidin Tebul Timur Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendorong dan penghambat implementasi ice breaking pada mata pelajaran akidah akhlak untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di MI Al-Mursidin Tebul Timur Pamekasan; ketiga, Apa saja dampak implementasi ice breaking pada mata pelajaran akidah akhlak untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di MI Al-Mursidin Tebul Timur Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru Akidah Akhlak di MI Al-Mursidin. Untuk analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)Ice breaking diimplementasikan oleh guru akidah akhlak di MI Al-Mursidin, bentuk ice breaking tersebut diantaranya berupa game, yel-yel atau tepuk-tepuk, kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok akan memagang pundak satu sama lain, kemudian guru memberikan arahan ketika guru menyuruh siswa melompat ke kanan maka siswa harus melompat ke kiri, begitu sebaliknya.(2) Faktor pendorong implementasi ice breaking antara lain mudah diterapkan, skill dan kemampuan guru serta kondisi kelas yang tidak kondusif sedangkan faktor penghambat tidak efisien serta pengetahuan dan pengalaman guru yang minim.(3)Adapun dampak dari implementasi ice breaking pada mata adalah dapat meningkatkan antusias belajar siswa, mencairkan suasana kelas, memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak serta mengatasi problematika kejenuhan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:17
Last Modified: 11 Jul 2024 01:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5905

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item