Implementasi Program Akselerasi Belajar Kitab Gundul Metode Al-Fatih dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Fiqih Siswa Unggulan di SMP Negeri 3 Pamekasan

Putri, Fatika Aprilia (2024) Implementasi Program Akselerasi Belajar Kitab Gundul Metode Al-Fatih dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Fiqih Siswa Unggulan di SMP Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012023_COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
20381012023_Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (322kB)
[img] Text
20381012023_Halaman Pengesahan.pdf

Download (354kB)
[img] Text
20381012023_ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
20381012023_DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
20381012023_BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
20381012023_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
20381012023_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
20381012023_BAB IV.pdf

Download (178kB)
[img] Text
20381012023_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
20381012023_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
20381012023_Keaslian Tulisan.pdf

Download (363kB)

Abstract

Kata Kunci: Program Akselerasi Belajar Kitab Kuning Metode Al-Fatih, Ilmu Fiqih. Program akselerasi belajar kitab gundul metode Al-Fatih terdapat dua fungsi yaitu, cara cepat dalam belajar membaca kitab gundul metode Al-Fatih dan isi dari kitab tersebut membahas tentang bab dasar ilmu Fiqih sehingga, dengan belajar kitab tersebut siswa unggulan dapat memahami dari keduanya baik dari cara belajar kitab gundul metode Al-Fatih dan juga pemahaman ilmu Fiqih yang terkandung di dalam kitab tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada pemahaman ilmu Fiqih, karena dilihat dari isi dari kitab tersebut, terdapat 65 bab atau fasal yang berisi tentang dasar-dasar ilmu Fiqih meliputi, rukun iman, rukun islam, sholat, taharah (bersuci), zakat, puasa, dan sebagainya sehingga dari isi kitab gundul tersebut siswa unggulan dapat memahami dan juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 2 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana Proses Program Akselerasi Belajar Kitab Gundul Metode Al-Fatih dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Fiqih Siswa Unggulan di SMP Negeri 3 Pamekasan, dan kedua bagaimana Hasil Program Akselerasi Belajar Kitab Gundul Metode Al-Fatih dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Fiqih Siswa Unggulan di SMP Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Siswa Unggulan di SMP Negeri 3 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, proses program akselerasi belajar kitab gundul metode Al-Fatih dalam meningkatkan pemahaman ilmu Fiqih siswa unggulan di SMP Negeri 3 Pamekasan yaitu perencanaan yaitu guru PAI mengikuti pelatihan TOT sebagai pembekalan belajar kitab gundul metode Al-Fatih, pelaksanaan yaitu dilaksanakan di hari Jumat dengan waktu kondisional dan guru PAI menggunakan strategi ceramah dengan cara talkin, dan evaluasi yaitu siswa unggulan mengikuti tes lisan dan tes tindakan dalam belajar kitab gundul metode Al-Fatih sehingga evaluasinya perlu ditingkatkan pada pemahaman ilmu Fiqih karena dalam kitab tersebut mempelajari tentang bab pemahaman ilmu Fiqih sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, hasil yaitu siswa unggulan di tes dalam belajar kitab gundul Al-Fatih satu per-satu setelah guru PAI menjelaskan secara lisan dan cara talkin lalu guru menilai hasil siswa unggulan di daftar penilaian sejauh mana siswa dapat memahami dan meningkat dari pemahaman ilmu Fiqihnya. Dari beberapa hasil tes tersebut siswa unggulan banyak yang meningkat dan lancar dalam pemahaman ilmu Fiqih, karena melihat isi kitab tersebut membahas Bab dasar-dasar pemahaman ilmu Fiqih, serta siswa unggulan mampu menerapkan makna isi kitab gundul metode Al-Fatih dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:50
Last Modified: 10 Jul 2024 04:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5916

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item