Model pembelajaran berbasis kerangka technological pedagogical content knowledge pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 1 Pamekasan dan MAN Sumenep

Inayati, Mahfida (2024) Model pembelajaran berbasis kerangka technological pedagogical content knowledge pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 1 Pamekasan dan MAN Sumenep. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_COVER_PAI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAGIAN AWAL_PAI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_HALAMAN_PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_HALAMAN_PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_DAFTAR_ISI_PAI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAB I_PAI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAB IV_PAI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAB V_PAI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_BAB VI_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_PERNYATAAN_KEASLIAN_PAI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_LAMPIRAN_PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MAHFIDA INAYATI_22380012025_RIWAYAT_HIDUP_PAI.pdf

Download (146kB)

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran, kerangka TPACK, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Model pembelajaran berbasis kerangka TPACK merupakan suatu rencana kegiatan pendidikan yang menjadi kesatuan yang utuh dalam menentukan model pembelajaran yang berpusat pada komponen sintaks yang terintegrasi melalui teknologi, pedagogi dan konten/mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis kerangka TPACK pada pembelajaran akidah akhlak? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis keranga TPACK? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran berbasis kerangka TPACK pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus. Lokasi penelitian dipilih MAN 1 Pamekasan dan MAN Sumenep. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur: kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan peserta didik . observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dua tahap: analisis situs individu dan analisis lintas situs. pengecekan keabsahan data melalui uji kredebelitas, transferabilitas, dependabilitas dan obyektivitas. Hasil penelitian model pembelajaran berbasis kerangka TPACK pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MAN 1 Pamekasan dan MAN Sumenep ialah: model pembelajaran berbasis kerangka TPACK ialah model PBL, PjBL, discoveri inquiry dan mastury learning. Pelaksanaan model berbasis kerangka TPACK seorang guru mampu mengintegrasikan teknologi, pedagogi dan mata pelajaran akidah akhlak. Pelaksanaan pengintegrasian terhadap teknologi dalam pelaksanaan model pembelajaran akidah akhlak ialah terdapat pada sumber belajar, bahan ajar, media pembelajaran dan sarana – prasarana. Motivasi belajar siswa dengan hal tersebut memiliki peningkatan sehingga dapat memecagkan masalah dengan mudah dan membantu siswa dalam mengerjakan semua permasalahan. Sehingga rata-rata nilai siswa meningkat dengan rata-rata 90 dibuktikan dengan prestasi – prestasi baik akademik, nasional maupun internasional. Faktor pendukung : guru yang berkualitas, guru mampu mengimplementasikan teknologi dengan bermacammacam media dan model yang digunakan, lingkungan yang memadagi sarana dan prasarana yang memadahi, siswa bisa menggunakan HP pada proses pembelajaran sesuai dengan intruksi dari guru. Sedangkan Faktor penghambat: keterbatasan sarana dan prasarana, siswa tidak memiliki kuata internet dan adanya pelanggaran siswa dalam mengakses HP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:27
Last Modified: 25 Jun 2024 07:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6027

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item