Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Media Roda Berputar pada Siswa Kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep

Ummiyah, Rumsiatul (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Media Roda Berputar pada Siswa Kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (27kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (124kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.doc

Download (28kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (197kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7 BAB I - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (236kB)
[img] Text
8 BAB II - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
9 BAB III - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
10 BAB IV - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (337kB)
[img] Text
11 BAB V - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (293kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (119kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - RUMSIATUL UMMIYAH 20160701050089.pdf

Download (276kB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Ruang, Media Roda Berputar Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V SDI Mabdaul Falah masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya penggunaan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep-konsep pada materi bangun ruang. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitian, yaitu pertama, bagaimana kelayakan media pembelajaran roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep? Kedua, bagaimana penerapan media roda berputar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep? dan ketiga bagaimana hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep? Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan model siklus Kemmis & Taggart. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 4 komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Mabdaul Falah yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan berupa penilaian kualitas media pembelajaran roda berputar, soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, media pembelajaran roda berputar “layak” digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan rata-rata kelayakan media sebesar 78%. Kedua, penerapan penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah dapa meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa pada tahap penelitian. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa mencapai 3 dan siklus I meningkat menjadi 5,081 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 8. Sementara persentase ketuntasan siswa pada tahap prasiklus baru mencapai 12,50% sedangkan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 18,75% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 75%. Dan ketiga, penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dari siklus I sebesar 58,50% menjadi 86,25% pada siklus II dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:17
Last Modified: 03 Feb 2021 01:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/609

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item