Analisis Gaya Bahasa Dalam Iklan Koran Radar Madura Edisi Juli-September 2022

Yulandari, Reisky Meilina (2023) Analisis Gaya Bahasa Dalam Iklan Koran Radar Madura Edisi Juli-September 2022. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_COVER_TBIN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_LEMBAR PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_TBIN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_BAB I_TBIN.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_BAB IV_TBIN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Reisky Meillina Yulandari_19381072095_DAFTAR PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Reisky Meilina Yulandari_19381072095_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (60kB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Radar Madura Gaya bahasa merupakan bahasa indah yang dipergunakan untuk meningkatkan serta memperkenalkan dan membandingkan suatu benda hal tertentu dengan benda lain dengan tujuan mempengaruhi penyimak dan pembaca. Melalui penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang menjadi pokok pembahasan, yaitu,penggunaan gaya bahasa pada iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022, bentuk gaya bahasa pada iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022, dan makna gaya bahasa pada iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022. Pemilihan iklan koran Radar Madura sebagai bahan penelitian karena banyak ditemukan penggunaan gaya bahasa yang beragam serta menarik minat baca konsumen agar tergiur terhadap produk yang disampaikan dalam iklan koran Radar Madura. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua macam yakni sumber data primer yang berupa iklan dalam koran Radar Madura edisi Juli-September 2022 dan sumber data sekunder berupa buku, artikel, skripsi, dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ditemukan empat macam gaya bahasa dalam iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022 yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa perulangan. kedua, bentuk gaya bahasa dalam iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022 yang ditemukan oleh peneliti berjumlah lima belas macam yaitu gaya bahasa pleonasme, gaya bahasa prolepsis, gaya bahasa tautologi, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa oksimoron, gaya bahasa klimaks, gaya bahasa paralelisme, gaya bahasa polisindeton, gaya bahasa asindeton, gaya bahasa sinekdoke, gaya bahasa antonomasia, gaya bahasa aliterasi, gaya bahasa asonansi, dan gaya bahasa epanalepsis. Ketiga, makna gaya bahasa dalam iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022 ialah didominasi oleh ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:45
Last Modified: 17 Jul 2024 02:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6539

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item