Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Instruction Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Galis

Rahmah, Ferika (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Instruction Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Galis. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Sampul_BKPI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Lembar Persetujuan_BKPI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Abstrak_BKPI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Daftar Isi_BKPI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Bab I_BKPI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Bab II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Bab III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Bab IV_BKPI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Bab V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Daftar Pustaka_BKPI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Ferika Rahmah_19381092046_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_BKPI.pdf

Download (291kB)

Abstract

Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Self Instruction, Kejenuhan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa kelas VIII di SMPN 1 Galis yang memiliki kejenuhan belajar dimana mereka tidak bisa mengatasi rasa jenuhnya, sehingga berdampak terhadap nilai prestasi dalam belajar. Di peroleh dari pra penelitian yang dilakukan dengan cara menyebar angket kepada siswa yaitu mereka merasa sulit untuk berkonsentrasi, lupa tidak mengerjakan tugas, kehilangan semangat, dan merasa kecewa terhadap dirinya. Termasuk dalam indiktor kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan oleh peneliti berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut terdapat 2 rumusan masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini diantaranya, (1) Bagaimana efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Galis. (2) Apakah ada perubahan pada skor kejenuhan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Galis setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one-group pretest-postest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar serta wawancara terstruktur sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sample T-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction efektif dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Galis. Dapat dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan ditunjukkan dari hasil t hitung (18,324) > t tabel (2,364) jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Dari uji paired samples correlations diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,963 dan hampir mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut membuktikan adanyan korelasi yang sangat kuat antara treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Serta diketahui dari hasil signifikansi 0,000 yang diperoleh kurang dari 0,05 sehingga dapat diartikan ada perbedaan yang bermakna pada skor kejenuhan belajar yang dilihat dari nilai pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pretest sebesar 668,125 dan rata-rata nilai post-test sebesar 888,375. Dan juga berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru BK dan guru mata pelajaran bahwa kejenuhan belajar pada siswa berkurang setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:42
Last Modified: 29 Aug 2024 07:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6619

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item