Perilaku Konsumsi Masyarakat Perantauan Di Kabupaten Sampang Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Kecamatan Karangpenang Sampang

Umam, Khoirul (2024) Perilaku Konsumsi Masyarakat Perantauan Di Kabupaten Sampang Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Kecamatan Karangpenang Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_COVER_ES.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_LEMBAR_PERSETUJUAN_ES.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_pengesahanpenguji_ES.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_Abstrak_ES.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_DAFTARISI_ES.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_BABI_ES.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_BABII_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_BABIII_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_BABIV_ES.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_BABV_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_BABVI_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_DAFTARPUSTAKA_ES.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Khoirul Umam_22380031007_KEASLIAN TULISAN_ES.pdf

Download (118kB)

Abstract

Kata Kunci: Perilaku, Konsumsi, Masyarakat Perantauan, Ekonomi Syari’ah. Perilaku konsumtif cenderung harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi karena bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan saja tetapi lebih mengarah pada pemenuhan tuntutan keinginan. Sebagaimana yang terjadi pada masyarakat perantauan di Kabupaten Sampang Kecamatan Karangpenang yang menyatakan kebutuhan tersiernya lebih besar dari pada kebutuhan primernya sedangkan skundernya lebih kecil lagi, namun tidak memahami motivasi mereka secara mendalam apakah barang dan jasa yang mereka peroleh sesuai dengan kebutuhan atau hanya keinginan yang dinilai sebagai alat pemuas atau untuk menjaga gengsi. Penelitian mengambil focus penelitian yang pertama, bagaimana perilaku konsumsi masyarakat perantauan di Karangpenang, yang kedua apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat perantauan di Karangpenang yang ketiga, Bagaimana perilaku konsumsi masyarakat perantauan di Karangpenang perspektif ekonomi Syariah. Pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang di pakai adalah dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kondensasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa masyarakat perantauan di Karangpenang cenderung adanya pemaksaan diri dalam pembelian barang-barang, sehingga akan terjadi yang namanya mubadir, yang terlihat dari pembeliannya. Hal ini menunjukkan faktor kebutuhan bukan menjadi pertimbangan utama, tetapi pada faktor keinginan, yang menyebabkan tidak seimbangnya antara kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Selain itu, pola piker masyarakat perantauan di Karangpenang dengan membeli barang atau jasa yang harganya lebih mahal selalu dipercaya dapat menimbulkan percaya diri yang tinggi di kalangan masyarakat sosial. Lewat media sosial atau iklan atau beberapa kelompok yang mempengaruhi keputusan konsumsi masyarakat perantauan tersebut dalam membeli produk tertentu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:49
Last Modified: 15 Jul 2024 02:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6777

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item