Efektivitas Konseling Individu Dengan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri peserta didik Kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan

Maisaroh, Ana (2024) Efektivitas Konseling Individu Dengan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri peserta didik Kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Cover_BKPI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Abstrak_BKPI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Daftar_Isi_BKPI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_BAB I_BKPI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_BAB IV_BKPI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Ana Maisaroh_20381092003_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_BKPI.pdf

Download (41kB)

Abstract

Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Cognitive Defusion, Kepercayaan Diri Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga ada beberapa siswa yang tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran dan masih bergantung kepada guru maupun teman sekelasnya. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, Apakah konseling individu dengan teknik cognitive defusion efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, Seberapa besar efektivitas konseling individu dengan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan pre- experimental design, desain yang digunakan adalah one-group pretest posttest design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive, dengan jumlah sampel 6 siswa di kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Skala dan Wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample T test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh dari konseling individu dengan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Tingkat efektivitas konseling individu dengan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IPS 3 di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Dalam hal ini maka dapat dilihat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang kemudian ditunjukkan dari hasil t hitung ditunjukkan dengan uji paired sample T test diketahui bahwa nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 maka ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pretest sebesar 67.83 dan nilai rata-rata posttest sebesar 96.83. Sehingga peningkatan sebesar 29. Serta ditunjukkan dengan nilai t hitung 10.428, karena nilai t hitung 10.428 > t tabel 2.571, maka sesuai dasar pengambilan keputusan diatas bisa disimpulkan, jika H0 ditolak dan Ha diterima maka ada pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) yang berarti hipotesis diterima. Berdasarkan wawancara yang telah dilakuan oleh peneliti yaitu kepada guru BK terhadap peserta didik yang memiliki kepercayaan diri rendah lebih meningkat setelah dilakukannya treatment yaitu pemberian konseling individu melalui teknik cognitive defusion

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:17
Last Modified: 26 Sep 2024 08:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6874

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item