Kartini, Yulia (2024) Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review di E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEBI IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Yulia Kartini_20383032118_Sampul_ES.pdf Download (189kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Lembar Persetujuan_ES.pdf Download (144kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Lembar Pengesahan_ES.pdf Download (309kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Abstrak_ES.pdf Download (148kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Daftar Isi_ES.pdf Download (167kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Bab 1_ES.pdf Download (753kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Bab 2_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Bab 3_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Bab 4_ES.pdf Download (952kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Bab 5_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Daftar Pustaka_ES.pdf Download (430kB) |
|
Text
Yulia Kartini_20383032118_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (243kB) |
Abstract
Kata Kunci : Live Streaming, Online Customer Review, E-Commerce, Keputusan Pembelian Kemajuan teknologi dan internet secara langsung membuka peluang bisnis baru, salah satunya adalah e-commerce. E-commerce merupakan transaksi jual beli melalui internet, dimana kebiasaan konsumen telah bergeser dari pembelian offline ke online sebagai akibat dari adanya e-commerce. Dalam menentukan keputusan pembelian di e-commerce, tentunya ada keterbatasan dalam pemenuhan informasi suatu produk karena tidak dapat menyentuh produk secara langsung, sehingga diperlukan informasi lain, seperti adanya fitur live streaming dan online customer review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh live streaming dan online customer review di e-commerce terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yakni 100 responden mahasiswa FEBI IAIN Madura, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis (analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan koefisien determinasi) dengan alat bantu SPSS 24. Adapun instrumen yang digunakan yakni kuesioner (angket) melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel live streaming (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t-hitung (2,743) > t-tabel (1,985) dan taraf signifikansi sebesar 0,007 < 0,05. Begitupula dengan variabel online customer review (X2) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung (7,035) > t-tabel (1,985) dan dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Adapun secara simultan, variabel live streaming (X1) dan online customer review (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai F-hitung (99,353) > F-tabel (3,09) dan dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 66,5% keputusan pembelian di e-commerce pada mahasiswa FEBI IAIN Madura dipengaruhi oleh live streaming dan online customer review, sedangkan sisanya yakni 33,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6996 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |