Marketing Syari’ah pada Penjualan Jamu Madura di CV. Nurul Jannah Pakandangan Sangra Kabupaten Sumenep

Asisi, Asisi (2024) Marketing Syari’ah pada Penjualan Jamu Madura di CV. Nurul Jannah Pakandangan Sangra Kabupaten Sumenep. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
A. ASISI_20380031002_SAMPUL_ES.pdf

Download (68kB)
[img] Text
B. ASISI_20380031002_HALAMAN JUDUL_ES.pdf

Download (326kB)
[img] Text
C. ASISI_20380031002_PERSETUJUAN_ES.pdf

Download (659kB)
[img] Text
D. ASISI_20380031002_PENGESAHAN_ES.pdf

Download (233kB)
[img] Text
E. ASISI_20380031002_PENGANTAR_ES.pdf

Download (327kB)
[img] Text
F. ASISI_20380031002_DAFTAR ISI_ES.pdf

Download (355kB)
[img] Text
H. ASISI_20380031002_ABSTRAK_ES.pdf

Download (524kB)
[img] Text
I. ASISI_20380031002_BAB I_ES.pdf

Download (511kB)
[img] Text
J. ASISI_20380031002_BAB II_ES.pdf

Download (673kB)
[img] Text
K. ASISI_20380031002_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
L. ASISI_20380031002_BAB IV_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
M. ASISI_20380031002_BAB V_ES.pdf

Download (730kB)
[img] Text
N. ASISI_20380031002_BAB VI_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
O. ASISI_20380031002_DAFTAR PUSTAKA_ES.pdf

Download (445kB)
[img] Text
P. ASISI_20380031002_PERNYATAAN_ES.pdf

Download (136kB)
[img] Text
R. ASISI_20380031002_LAMPIRAN_ES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S. ASISI_20380031002_RIWAYAT HIDUP_ES.pdf

Download (330kB)

Abstract

Kata Kunci: Marketing Syari’ah, Penjualan, Jamu Madura Aktivitas transaksi yang dilakukan oleh jamu Madura CV. Nurul Jannah sangat berhati-hati seperti pada saat menawarkan produk maka yang dijelaskan sesuai dengan kenyataan, tidak mengada-ada sehingga nilai-nilai vertikal (manusia dengan Tuhan) maupun horizontal (manusia dengan manusia) dan akhirnya memperoleh profit (keuntungan) yang sesungguhnya. Tentunya hal ini dilakukan demi menerapkan nilai-nilai etika pemasaran syariah. Ada dua fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana marketing syari’ah pada penjualan jamu Madura CV. Nurul Jannah Pakandangan Sangra Kabupaten Sumenep?; kedua, bagaimana digital marketing syariah pada penjualan jamu Madura CV. Nurul Jannah Pakandangan Sangra Kabupaten Sumenep?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan kondensasi data, papara data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, praktik marketing syariah pada penjualan jamu Madura CV. Nurul Jannah Pakandangan Sangra Kabupaten Sumenep ialah dengan memiliki kepribadian spiritual (takwa), berperilaku baik dan simpatik (shidiq), berprilaku adil dalam bisnis (al-adl), bersikap melayani dan rendah hati (khidmah), menepati janji dan tidak curang, jujur dan terpercaya (amanah), tidak suka berburuk sangka sama penjual lain, tidak suka menjelekjelekan jualan orang lain serta tidak melakukan sogok (riswah) yang hanya menunggu datangnya konsumen atas kemauan sendiri tanpa adanya sogok diantara penjual dan konsumen. Selain itu, penjual Jamu Madura CV. Nurul Jannah juga menerapkan teistis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al-waqi'iyyah), dan humanistis (al-insaniyyah); kedua, digital marketing syariah syariah pada penjualan jamu Madura CV. Nurul Jannah Pakandangan Sangra Kabupaten Sumenep ialah dengan memanfaatkan sistem e-commerce. Penggunakan sistem ecommerce sangat berdampak optimal bagi penjual pada output atau target tercapai. Adapaun digital marketing syariah yang diterapkan oleh CV. Nurul Jannah, meliputi: kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kebebasan (freewill), tanggung jawab (responsibility), kebenaran (benevolence). Dan konsep marketing syariah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:45
Last Modified: 10 Oct 2024 02:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7054

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item