Andrean, Moh. Dimas (2023) Strategi Bauran Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Jumlah Anggota pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_COVER_PBS.pdf Download (184kB) |
|
Text
C) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PBS.pdf Download (348kB) |
|
Text
D) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_LEMBAR_PENGESAHAN_PBS.pdf Download (414kB) |
|
Text
E) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_ABSTRAK_PBS.pdf Download (167kB) |
|
Text
F) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_DAFTAR_ISI_PBS.pdf Download (333kB) |
|
Text
G) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_BAB I_PBS.pdf Download (549kB) |
|
Text
H) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
Text
I) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
J) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_BAB IV_PBS.pdf Download (671kB) |
|
Text
K) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
L) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_DAFTAR_RUJUKAN_PBS.pdf Download (401kB) |
|
Text
B) MOH. DIMAS ANDREAN_19383021084_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_KARYA_PBS.pdf Download (284kB) |
Abstract
Kata Kunci: Bauran Pemasaran 4p, Jumlah Anggota, Tabungan Mudharabah Tabungan Mudharabah (TABAH) merupakan salah satu produk unggulan yang ada di KSPPS Nuri Jatim cabang Pamekasan Kota. Oleh karena itu untuk menambah jumlah anggota pada produk simpanan pendidikan, BMT Nuansa Umat Cabang Kadur menerapkan strategi bauran pemasaran 4P. Marketing mix merupakan perangkat atau alat alat pemasaran yang dipadukan yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni Redukasi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: Bauran Pemasaran diterapkan dengan cukup baik oleh BMT Nuansa Umat Cabang Kadur dengan menghadirkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tabungan mudharabah, tabungan ini menyesuaikan dengan target pasar yaitu masyarakat menengah kebawah, lokasi kantor yang cukup strategis berada dipinggir jalan raya, dekat pasar, toko-toko, dan pondok pesantren. Strategi promosi yang digunakan yaitu melakui media cetak berupa brosur dan media sosial, serta melakukan promosi mulut ke mulut dan sosialisasi menjadi pilihan yang tepat karena berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga pesan yang hendak disampaikan bisa tersampaikan dengan jelas. Kedua, kekuatan dan peluang yang dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan jumlah anggota, serta selalu mengevalusi dan menganalisis kekurangan yang ada namun hal itu masih belum cukup untuk mengatasi ancaman-ancaman dari kompetitor sehingga meski ada pertambahan jumlah anggota setiap tahunnya angkanya masih kecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7055 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |