Rahmadhani, Rafika Dwi (2024) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas untuk Menarik Minat Nasabah di PT.Pegadaian Syariah (Persero) Unit Pegantenan Cabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
cover-1.pdf Download (216kB) |
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (119kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (178kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (215kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (463kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
bab 4.pdf Download (524kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (128kB) |
|
Text
surat keaslihan.pdf Download (21kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pemasaran Produk, Tabungan Emas, Minat Nasabah Pegadaian Syariah bergerak pada sektor jasa bagian dari keuangan dunia Islam yang merupakan badan usaha memiliki izin melaksanakan kegiatan dalam bentuk penyaluran dana kepada masyarakat atas dasar hukum gadai lembaga keuangan berupa pembiayaanTentunya setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Dari aspek marketing mix yang terdapat di kantor cabang tersebut seperti: periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas dan direct marketing. Dengan demikian, strategi yang tepat untuk menarik lebih banyak nasabah dengan mengembangkan teknologi digital, karena media tersebut sudah banyak digandrungi oleh seluruh generasi karena dapatdengan mudah diakses dimanapun dan kapanpun sehingga strategi melalui digital tersebut akan sangat efektif untuk menjangkau secara keseluruhan. Berdasarkan uraian fenomena yang dipaparkan, ada dua pembahasan yang menjadi fokus penelitian, yaitu pertama, Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk tabungan emas untuk menarik minat nasabah di PT. Pegadaian Syariah (Persero) Unit Pegantenan. Kedua, Apa saja faktor-faktor penghambat dalam memasarkan produk tabungan emas untuk menarik minat nasabah di PT. Pegadaian Syariah (Persero) Unit Pegantenan. Teori penelitian ini yaitu strategi pemasaran 4P, yang mana startegi ini meliputi faktor operasional atau pelaksanaan kegiatan pemasaran seperti penentuan harga, pemberian merk, pembungkusan, penentuan saluran distribusi, pemasangan iklan dan lainnya. Kegiatan pemasaran sering dikenal dengan sebutanmarketing mix yang juga dikenal dengan istilah 4P sebagai singkatan dari product,price, place, dan promotion. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan alam penelitian ini yaitu pegawai pegadaian syariah unit Pegantenan, dan nasabah tabungan emaspegadaian syariah unit Pegantenan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa Strategi pemasaran yang di terapkan di PT.Pegadaian Syariah (Persero) unit Pegantenan dalam menarik minat nasabah melalui bauran pemasaran. Strategi pemasarannya sudah sesuai dengan bauran pemasaran sehingga dengan menggunakan bauran pemasaran 4P ini pegadaian syariah unit Pegantenan dapat menarik minat nasabah untuk membuka tabungan emas. Adapun faktor penghambat dalam memasarkan tabungan emas karena kurangnya promosi yang menyebabkan nasabah kurang paham dan kurang mengerti terkait tabungan emas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:39 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7072 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |