Nurhasanah, Siti (2024) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Hari Raya Di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_COVER_PBS.pdf Download (83kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_HALAMAN PERSETUJUAN_PBS.pdf Download (60kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_HALAMAN PENGESAHAN_PBS.pdf Download (87kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_ABSTRAK_PBS.pdf Download (11kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_DAFTAR ISI_PBS.pdf Download (32kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_BAB I_PBS.pdf Download (267kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_BAB IV_PBS.pdf Download (466kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_DAFTAR RUJUKAN_PBS.pdf Download (154kB) |
|
Text
SITI NURHASANAH_19383022002_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PBS.pdf Download (91kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Hari Raya Pada hakikatnya setiap lembaga keuangan syariah memerlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan memperluas pangsa pasarnya. Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran yang memberikan arahan usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu. Pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan pesaing yang selalu berubah. Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep menerapkan strategi pemasaran Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Salah satu produknya yaitu tabungan hari raya dimana produk ini merupakan tabungan berencana untuk menyiapkan keperluan di hari raya Idul Fitri lebih dini. Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep memilki keunggulan produk pada tabungan hari raya yaitu pembukaan rekening tabungan hari raya (Tahara) yang mudah dan praktis, setoran awal yang terjangkau dan lokasi strategis mudah dijangkau oleh masyarakat. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana strategi pemasaran produk tabungan hari raya di bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Kedua, bagaimana perkembangan produk tabungan hari raya di Bnak BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian berisi kutipan-kutipan dari data yang telah dikumpulkan. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep yaitu menggunakan strategi 4P. Pertama, strategi produk yang strategi pemasarannya sangat luas dari berbagai sektor tertentu. Kedua, strategi harga dengan nominal kecil namun bagi hasil yang menguntungkan dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Ketiga, strategi tempat, dalam hal ini Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep memiliki tempat yang strategis dan mempunyai banyak peluang pasar serta memberikan jaminan keamanan kepada nasabah dalam melakukan transaksi. Terakhir, promosi, melalui sosialisasi, maupun mengunjungi nasabah secara langsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7080 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |