Jannah, Miftahul (2023) Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mengembangkan Karakter Anak di UPTD SDN Gunong Sekar 1 dan UPTD SDN Tamansareh 1 Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Cover_PAI.pdf Download (98kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Halaman Persetujuan.pdf Download (179kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (97kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Kata Pengantar_PAI.pdf Download (71kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Daftar Isi_PAI.pdf Download (16kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Abstrak_PAI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_BAB I_PAI.pdf Download (162kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_BAB III_PAI.pdf Download (162kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_BAB II_PAI.pdf Download (191kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_BAB IV_PAI.pdf Download (220kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_BAB V_PAI.pdf Download (93kB) |
|
Text
MIftahul Jannah_21380012021_BAB VI_PAI.pdf Download (17kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (121kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (43kB) |
|
Text
Miftahul Jannah_21380012021_Lampiran_PAI.pdf Download (984kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, Karakter Anak Tugas guru utama bukan hanya mengajar, tetapi juga dapat membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik serta mendidik murid di kelas dan diluar kelas, seperti: siswa selalu dibiasakan membuang sampah pada tempatnya dan juga anak dibisakan mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru maupun mencium tangan gurunya. Ada dua fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana kompetensi pedagogik Guru PAI dalam mengembangkan karakter anak di UPTD SDN Gunong Sekar 1 dan UPTD SDN Tamansareh 1 Sampang. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan karakter anak di UPTD SDN Gunong Sekar 1 dan UPTD SDN Tamansareh 1 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melakukan kondensasi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dengan melakukan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengembangkan karakter anak di UPTD SDN Gunong Sekar Sampang, di antaranya ialah guru pendidikan agama Islam sudah memiliki kompetensi pedagogik yang cukup baik, sehingga mampu dalam mengembangkan beberapa karakter anak, seperti: karakter religius, kejujuran, disiplin, dan mandiri. Sedangkan di UPTD SDN Tamansareh 1 Sampang, di antaranya ialah guru pendidikan agama Islam juga sudah memiliki kompetensi pedagogik yang cukup baik, sehingga mampu dalam mengembangkan beberapa karakter anak, seperti: karakter religius, kejujuran, dan disiplin. Kedua, faktor pendukung dalam mengembangkan karakter anak di UPTD SDN Gunong Sekar 1 Sampang, di antaranya ialah guru yang memiliki kompetensi pedagogik. Adapun faktor penghambatnya ialah terdapat sebagian anak nakal dan kurangnya minat belajar yang dimiliki oleh anak. Sedangkan faktor pendukung di SDN Tamansareh 1 Sampang ialah tersedianya dana yang dimiliki oleh lembaga tersebut demi menunjang kebutuhan personal maupun material. Adapun faktor penghambatnya ialah terdapat sebagian anak terpengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang kurang baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:07 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7504 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |