Farisya, Nurul Huda (2024) Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_COVER_PBS.pdf Download (209kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_HALAMAN PERSETUJUAN_PBS.pdf Download (152kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_HALAMAN PENGESAHAN_PBS.pdf Download (225kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_ABSTRAK_PBS.pdf Download (187kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_DAFTAR ISI_PBS.pdf Download (195kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_BAB I_PBS.pdf Download (444kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096__BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_BAB IV_PBS.pdf Download (541kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_DAFTAR PUSTAKA_PBS.pdf Download (310kB) |
|
Text
NURUL HUDA FARISYA_19383022096_SURAT KEASLIAN TULISAN_PBS.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kata kunci : Strategi pemasaran, KSPPS BMT Nuansa Umat Strategi pemasaran suatu lembaga keuangan khususnya BMT yang menjadi alasan lain untuk dikenali dalam pemasyaran terutama bagi BMT yang masih baru berdiri dan memiliki jumlah yang sedikit anggotanya. Strategi pemasaran ini dapat memberikan suatu peluang bagi BMT untuk lebih berkembang dalam melalui berbagai cara diantaranya dapat melalui brosur, sosialisasi, iklan atau media informasi lainnya yang dapat mendukung pemasaran BMT tersebut. Secara umum murabahah tersebut memiliki kelebihan dimana salah satunya seperti angsuran yang bersifat tetap maka produk bisa berpindah ke bank lain, dan harus mengenalkan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki murabahah ini, produk murabahah yang dapat dilihat berupa jasa, yang dimiliki keistimewaan dalam ciri tertentu. tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pihak KSPPS NU Cabang Tambelangan Sampang dalam pemasaran pembiayaan murabahah dalam meningkatkan jumlah anggota. 2) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran pembiayaan murabahah untuk meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan Sampang. 3) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran pembiayaan murabahah terhadap peningkatan jumlah anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh dan dikumpulkan berupa kata-kata, dokumentasi, dan gambar-gambar, artinya data ini tidak berbentuk angka-angka. Karena hal ini akan lebih jelas bagian-bagian yang sedang diteliti bila diamati dengan proses. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan strategi pemasaran Pembiayaan Murabahah dalam meningkatkan jumlah anggota yaitu 1) Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan dalam meningkatkan jumlah penjualan menggunakan strategi marketing Dalam bauran pemasaran terdapat alat pemasaran yang dikenal dalam istilah 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence). 2) Faktor penghambat dan pendukung di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan memiliki Pencairan pendanaan yang tidak rumit, lokasi kantor yang bisa diakses oleh masyarakat, tidak menggunakan sistem bunga melainkan menggunakan sistem bagi hasil, masih banyak orang yang lebih menyenangi bank konvensional sebagai pembiayaan dana mereka, pencairan keuangan yang relatif kecil. 3) Strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan peningkatan yang baik, karena melihat setiap tahunnya memiliki pertambahan anggota yang mendaftarkan untuk menjadi bagian dari KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Tambelangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7570 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |