Pengaruh Game Online Mobile Legend Terhadap Sikap Sosial Siswa SMP Islam Nurul Iman

Sihabuddin, Ach. (2024) Pengaruh Game Online Mobile Legend Terhadap Sikap Sosial Siswa SMP Islam Nurul Iman. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381081023_SAMPUL.pdf

Download (43kB)
[img] Text
20381081023_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
20381081023_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (536kB)
[img] Text
20381081023_ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
20381081023_DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
20381091023_BABI.pdf

Download (628kB)
[img] Text
20381081023_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
20381081023_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
20381081023_BABIV.pdf

Download (761kB)
[img] Text
20381081023_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
20381081023_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
20381081023_KEASLIAN.pdf

Download (335kB)

Abstract

Kata kunci : Game online Mobile Legend, sikap sosial Game Mobile Legend merupakan salah satu dari banyaknya game online yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi elektronik yang dari waktu ke waktu semakin pesat di era globalisasi saat ini. Bermain game online dapat dilakukan di computer atau smartphone, yang semula smartphone hanya digunakan untuk mempermudah terjalinnya komunikasi, sekarang juga bisa digunakan untuk melakukan banyak hal termasuk game online dan mendapatkan informasi secara cepat. Kehadiran internet sendiri telah mengubah kebudayaan masyarakat secara menyeluruh tapi juga memiliki pengaruh kuat dengan bagaimana individu terkait dengan diri sendiri dan orang lain. Dampak game online tersebut bisa saja mempengaruhi prestasi dan perilaku anak yang mengarah pada perilaku penyimpangan sosial. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh Game online Mobile Legend terhadap sikap sosial siswa. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang dihgunakan adalah metode kuantitatif, dengan tabulasi menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil uji hipotesis menggunakan uji hipotesis dengan uji F, diketahui F hitung (7,649) > F Tabel (2:50:0,05) yaitu 3,259, sehingga Ho ditolak. Jadi model linear antara variabel X (pengaruh game online mobile legend) dengan variabel Y (Sikap sosial) adalah signifikan. Disamping menggunakan perbandingan F hitung dan F tabel, juga dapat menggunakan perbandingan Sig dan α. yakni: Sig (0,009) < α , maka Ho ditolak. Dengan demikian maka hipotesis yang diterima adalah Ha dimana menyatakan adanya pengaruh variabel X terhadap Y (Game online berpengaruh terhadap sikap sosial siswa di SMP Islam Nurul Iman), secara simultan berpengaruh. Dari hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Game online berpengaruh terhadap sikap sosial siswa di SMP Islam Nurul Iman. Hasil peneltian ini selaras dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Mujahid (2023), yang menyatakan bahwa Dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa permainan permainan online bisa memberikan pengaruh pada perubahan perilaku sosial remaja jika digunakan pada intensitas yang tinggi sehingga membuat para penggunanya kecanduan sehingga tanpa disadari berdampak pada perilaku sosialnya, seperti jarang bersosialisasi dengan teman sebaya, merasa emosional kepada lingkungan sekitar, berkurangnya interaksi dengan orang tua, berkurangnya waktu belajar, dan terganggunya hubungan sosial akibat pengaruh game online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 20 Nov 2024 06:50
Last Modified: 20 Nov 2024 06:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7581

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item