Febriyanto, Moh. Noval (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-commerce Shopee (Studi Mahasiswa FEBI IAIN Madura). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Cover_ES.docx.pdf Download (224kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Halaman Persetujuan_ES.pdf Download (169kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Halaman Pengesahan_ES.pdf Download (215kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Abstrak_ES.pdf Download (8kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Daftar Isi_ES.pdf Download (115kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_BAB I_ES.pdf Download (511kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_BAB IV_ES.pdf Download (856kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Daftar Rujukan_ES.pdf Download (239kB) |
|
Text
Moh. Noval Febriyanto_21383031121_Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (62kB) |
Abstract
Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian Di era digital ini kebiasaan belanja masyarakat telah mengalami perubahan signifikan. Transaksi jual beli kini banyak dilakukan secara daring melalui berbagai platform e-commerce. Untuk memfasilitasi pengalaman berbelanja online yang lebih baik, shopee menyediakan fitur-fitur seperti online customer review dan online customer rating. Kedua fitur ini memungkinkan calon pembeli untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang produk yang diminati sebelum memutuskan untuk membelinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar online customer review dan online customer rating memengaruhi keputusan pembelian melalui e-commerce shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Madura. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis data regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Populasinya adalah mahasiswa FEBI IAIN Madura tahun angkatan 2021 dan 2022, dengan jenis populasi terbatas (finite). Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan rumus slovin, dengan jumlah responden sebanyak 262 orang. Berdasarkan hasil uji t (X1) diketahui bahwa nilai thitung 6,378 > ttabel 1,969 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, uji t (X2) nilai thitung 6,138 > ttabel 1,969 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa online customer revie (X1) dan online customer rating (X2) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui e-commerce shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Madura. Sedangkan nilai Fhitung sebesar 83.107 > Ftabel sebesar 3,030 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa online customer review dan online customer rating secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui e-commerce shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Madura. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,391 yang artinya memiliki pengaruh sebesar 39,1% sedangkan sisanya sebesar 60,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HC Economic History and Conditions T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 09:15 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 09:15 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7733 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |