Implementasi Penilaian Proyek dan Implikasinya Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran PAI di MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu

Mughirah, Ira (2022) Implementasi Penilaian Proyek dan Implikasinya Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran PAI di MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_COVER_PAI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_Pengesahan Penguji_PAI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_Abstrak_PAI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_BAB I_PAI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_BAB II_PAI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_BAB III_PAI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_BAB IV_PAI.pdf

Download (887kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_BAB V_PAI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_BAB VI_PAI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Ira Mughirah_20380012020_Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Kata kunci: Implementasi, Implikasi, Penilaian Proyek, Kreativitas dan Pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru harus mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan penggunaan sistem penilaian yang tepat juga sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan penilaian pula evaluasi dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan daya kreativitas siswa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, guru PAI MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu menerapkan salah satu jenis penilaian, yaitu penilaian proyek dengan tujuan untuk menilai aspek psikomotor siswa dan mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian proyek dan implikasinya terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif .pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data melalui tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Pengecekan keabsahan data melalui teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.Tahap-tahap penelitian melalui pra lapangan, pekerjaan lapangan dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi penilaian proyek di MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu pada pembelajaran PAI berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru, hal ini terlihat dari antusias siswa dalam mengerjakan penilaian proyek dan sesuai dengan karakter siswa MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu yang sangat senang untuk menganalisis dan memecahkan masalah. 2) Kreativitas Siswa melalui penerapan penilaian proyek pada pembelajaran PAI di MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu sangat diperlukan karena dengan memiliki kreativitas siswa akan memunculkan pertanyaan-pertanyaan berlanjutan dalam memahami sebuah materi pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM). 3) Tantangan dan Solusi dari Penerapan Penilaian Proyek terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran PAI di MTs Negeri 1 Pamekasan dan SMP Negeri 1 Pademawu. Berikut tantangan yang harus dihadapi adalah alokasi jam pelajaran, keterbatasan alat dan bahan yang tersedia, membutuhkan biaya yang cukup banyak, dan peahaman terhadap materi. sedangkan solusi yang harus dipersiapkan oleh guru adalah pemberian tambahan alokasi waktu, guru mengikuti seminar atau training, memberikan tugas proyek yang mudah disesuaikan dengan alat dan bahan yang tersedia, dan dikerjakan secara berkelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:45
Last Modified: 23 Dec 2024 02:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7815

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item