Jannah, Miftahul (2020) Korelasi Antara Kemampuan Menyimak Terhadap Kemampuan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Ruang 2 Semester 4 Mts Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
sampul.pdf Download (56kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (14kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (203kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (497kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (69kB) |
|
Text
pernyataan keaslian tulisan. mita.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAn.pdf Download (327kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (27kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia. Kemampuan menyimak sangat penting bagi siswa karena instruksi dalam menyimak akan bermanfaat sebagai alat ukur yang lebih baik. Selain kemampuan menyimak, salah satu aspek kemampuan dalam pembelajaran bahasa indonesia yang juga sangat penting adalah kemampuan membaca. Membaca merupakan suatu proses yang menuntut agar kelompok kata yang merupakan suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas dan makna kata-kata secara individual akan dapat diketahui. Menyimak dan membaca mempunyai persamaan, kedua-duanya bersifat receptif, bersifat menerima. penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi dibidang akademik dan non akademik yang begitu banyak sehingga membuat peneliti ingin mengetahui seberapa besar kemempuan menyimak dan kemampuan membaca peserta didik semester 4 ruang 2 MTs Negeri 3 pamekasan Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahn yang menjadi kajian pokok dalam dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah korelasi antara kemampuan menyimak terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia peserta didik semester 4 ruang 2 MTs Negeri 3 Pamekasa; kedua, seberapa besar korerasi antara kemampuan menyimak terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia peserta didik semester 4 ruang 2 MTs Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis statistik. Instrument data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. observasi dilakukan setiap kelas. tes disebarkan kepada peserta didik kelas VIII progresif dengan dokumentasi sebagai bukti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada korelasi antara kemampuan menyimak terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia peserta didik semester 4 ruang 2 MTs Negeri 3 Pamekasan. hal ini dibuktikan dari hasil penelitian dengan tekhnik product moment bahwa nilai “r” kerja lebih besar dari “r” maka, hasil penelitian tersebut dinyatakan ada korelasi. kedua, besarnya korelasi antara kemampuan menyimak terhadap kemampuan membaca peserta didik semester 4 ruang 2 MTs Negeri 3 Pamekasan adalah kuat. hal tersebut dapat diketahui berdasarkan analisis pada tabel interpretasi product moment yang menunjukkan bahwa “r” kerja 1 maka interpretasi korelasi antara kemampuan menyimak terhadap kemampuan membaca mata pelajaran bahasa indonesia peserta didik semester 4 ruang 2 MTsN 3 Pamekasan sempurna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71G ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:07 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 02:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/797 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |