Helliyana, Helliyana (2024) Pesan Dakwah dalam Iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” Edisi Ramadhan 1444 H (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
A. SAMPUL 1 HELLIYANA PDF.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
C. HALAMAN PERSETUJUAN HELLIYANA PDF.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
D. HALAMAN PENGESAHAN HELLIYANA PDF.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
E. ABSTRAK HELLIYANA PDF.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR ISI HELLIYANA PDF.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
K. BAB I PENDAHULUAN HELLIYANA PDF.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
L. BAB II METODE PENELITIAN HELLIYANA PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
![]() |
Text
M. BAB III PEMBAHASAN HELLIYANA PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
![]() |
Text
N. BAB IV PENUTUP HELLIYANA PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
![]() |
Text
O. DAFTAR RUJUKAN HELLIYANA PDF.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
P. PERNYATAAN KEASLIAN HELLIYANA PDF.pdf Download (122kB) |
Abstract
Kata kunci: Pesan Dakwah, Iklan Marjan, Semiotika Roland Barthes. Perkembangan dakwah saat ini semakin pesat, adanya media massa dan teknologi lainnya membuat dakwah semakin mudah berkembang, salah satunya iklan sebagai media dakwah. Iklan merupakan informasi mengenai promosi sebuah produk, barang atau jasa yang disampaikan melalui media, baik media cetak, media elektronik maupun media online (internet). Fokus penelitian ini adalah mengenai bagaimana scene Iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” edisi Ramadhan 1444 H dan menganalisis pesan dakwah yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah iklan Marjan itu sendiri. Selanjutnya peneliti melakukan dokumentasi pada iklan Marjan berupa tangkapan layar dari Youtube. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” edisi Ramadhan 1444 H terdapat beberapa pesan dakwah di dalamnya yang terbagi jadi dua aspek yaitu; Pertama, aspek syari’at ialah berpuasa dan berbuka dengan yang manis, keberanian dan (sunnah) membunuh hewan buas. Kedua, aspek akhlak yaitu: jangan membuang sampah sembarangan, menghindar dari bahaya atau menjaga keselamatan diri, saling bahu membahu atau tolong menolong, menjaga kerukunan dan menciptakan kedamaian. Serta menghasilkan pula makna denotasi, konotasi dan mitos pada masing-masing pesan dakwahnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 05:03 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 05:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8131 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |