Pesan Dakwah dalam Iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” Edisi Ramadhan 1444 H (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Helliyana, Helliyana (2024) Pesan Dakwah dalam Iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” Edisi Ramadhan 1444 H (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A. SAMPUL 1 HELLIYANA PDF.pdf

Download (87kB)
[img] Text
C. HALAMAN PERSETUJUAN HELLIYANA PDF.pdf

Download (117kB)
[img] Text
D. HALAMAN PENGESAHAN HELLIYANA PDF.pdf

Download (138kB)
[img] Text
E. ABSTRAK HELLIYANA PDF.pdf

Download (118kB)
[img] Text
G. DAFTAR ISI HELLIYANA PDF.pdf

Download (20kB)
[img] Text
K. BAB I PENDAHULUAN HELLIYANA PDF.pdf

Download (511kB)
[img] Text
L. BAB II METODE PENELITIAN HELLIYANA PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
M. BAB III PEMBAHASAN HELLIYANA PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
N. BAB IV PENUTUP HELLIYANA PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
O. DAFTAR RUJUKAN HELLIYANA PDF.pdf

Download (168kB)
[img] Text
P. PERNYATAAN KEASLIAN HELLIYANA PDF.pdf

Download (122kB)

Abstract

Kata kunci: Pesan Dakwah, Iklan Marjan, Semiotika Roland Barthes. Perkembangan dakwah saat ini semakin pesat, adanya media massa dan teknologi lainnya membuat dakwah semakin mudah berkembang, salah satunya iklan sebagai media dakwah. Iklan merupakan informasi mengenai promosi sebuah produk, barang atau jasa yang disampaikan melalui media, baik media cetak, media elektronik maupun media online (internet). Fokus penelitian ini adalah mengenai bagaimana scene Iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” edisi Ramadhan 1444 H dan menganalisis pesan dakwah yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah iklan Marjan itu sendiri. Selanjutnya peneliti melakukan dokumentasi pada iklan Marjan berupa tangkapan layar dari Youtube. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan Marjan “Baruna Sang Penjaga Samudera” edisi Ramadhan 1444 H terdapat beberapa pesan dakwah di dalamnya yang terbagi jadi dua aspek yaitu; Pertama, aspek syari’at ialah berpuasa dan berbuka dengan yang manis, keberanian dan (sunnah) membunuh hewan buas. Kedua, aspek akhlak yaitu: jangan membuang sampah sembarangan, menghindar dari bahaya atau menjaga keselamatan diri, saling bahu membahu atau tolong menolong, menjaga kerukunan dan menciptakan kedamaian. Serta menghasilkan pula makna denotasi, konotasi dan mitos pada masing-masing pesan dakwahnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Mar 2025 05:03
Last Modified: 13 Mar 2025 05:03
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8131

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item