Priyanto, Abd. Rahman Agus (2025) Strategi guru penggerak dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI-BP) di SDN Karangnangkah 3 dan di SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Madura.
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_COVER_PAI.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAGIAN AWAL_PAI.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAB I_PAI.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAB II_PAI.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAB III_PAI.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAB IV_PAI.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAB V_PAI.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_BAB VI_PAI.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_LAMPIRAN-LAMPIRAN_PAI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abd Rohman Agus Priyanto_23380011027_RIWAYAT HIDUP_PAI.pdf Download (54kB) |
Abstract
Kata kunci: Guru Penggerak, Pembelajaran Berdiferensiasi, PAI-BP Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki cara belajar, tingkat pemahaman, dan minat yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi guru penggerak dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) di SDN Karangnangkah 3 dan SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana strategi guru penggerak dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI-BP di SDN Karangnangkah 3 dan SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan? Kedua, bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan strategi guru penggerak dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI-BP di SDN Karangnangkah 3 dan SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus di dua sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi nonpartisipan, wawancara mendalam dengan guru penggerak, guru PAI-BP, kepala sekolah dan siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, metode, dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, strategi guru penggerak di SDN Karangnangkah 3 melakukan tes diagnostik awal dengan observasi kelas dan tes tulis untuk memetakan kemampuan dan gaya belajar siswa. Sedangkan strategi guru penggerak di SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan melakukan test diagnostik dengan menggunakan observasi, tes tulis, dan metode portofolio untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa. Kedua, Faktor penghambat di SDN Karangnangkah 3 adalah keterbatasan sumber daya pembelajaran dan waktu. Faktor pendukung di SDN Karangnangkah 3 adalah dukungan penuh dari kepala sekolah, rekan guru, dan pelatihan program guru penggerak. Sedangkan faktor penghambat di SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan adalah keterbatasan sumber daya, waktu, dan kurangnya pemahaman guru terhadap teknik pembelajaran berdiferensiasi secara individual. Faktor Pendukung di SDN Tlokoh 1 Kokop Bangkalan adalah pelatihan dan pendampingan intensif dari program guru penggerak, dukungan penuh dari kepala sekolah, dan antusiasme tinggi dari siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:36 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8281 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |