Penciptaan Aneka Kreativitas Media Pembelajaran secara Mandiri Oleh Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di RA Perwanida Pamekasan

Allamatul, Insiyah (2020) Penciptaan Aneka Kreativitas Media Pembelajaran secara Mandiri Oleh Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di RA Perwanida Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL-ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (113kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (178kB)
[img] Text
7 BAB I - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (311kB)
[img] Text
8 BAB II - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
9 BAB III - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
10 BAB IV - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (285kB)
[img] Text
11 BAB V - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (194kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (223kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - ALLAMATUL INSIYAH 20160701060002.pdf

Download (271kB)

Abstract

Kata Kunci : Penciptaan, Media Pembelajaran, Prestasi Dalam terlaksananya suatu pembelajaran secara optimal perlunya menggunakan media pembelajaran sebagai upaya mempermudah dalam tersampainya informasi atau pembelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu, perlunya pengelolaan agar optimal dari media pembelajaran dilakukan dengan dua cara, perencanaan dan pengadaan. Proses pengadaan terdapat beberapa cara yakni, bisa dengan cara membuat, membeli, hibah, ataupun kerjasama. Pengadaan secara membuat sendiri oleh guru memiliki kelebihan dalam menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana prestasi belajar siswa; kedua, bagaimana proses penciptaan aneka kreativitas media pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; ketiga, Apa saja upaya guru dalam penciptaan aneka kreativitas media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, para ustadah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan peneliti, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, Prestasi belajar siswa di RA Perwanida Pamekasan diketahui Terdapat peningkatan dari hari ke hari pada keenam aspek, yaitu aspek kognitif, motorik, sosial emosional, bahasa dan seni yang masih ada kaitannya dengan penggunaan media pembelajaran.. Kedua, Proses penciptaan aneka kreativitas media pembelajaran dilakukan dengan melihat RPP, kemudian mengidentifikasi media apa yang cocok untuk digunakan, setelah mendapatkan ide berlanjut para guru antar kelas berkoordinasi dan bekerja sama mengenai masing-masing argumen tentang penciptaan media, barulah media tersebut diciptakan atau dibuat. Ketiga,Upaya guru dalam penciptaan media pembelajaran tersebut terlihat maksimal dengan mengacu pada prinsip pembuatan media, di antaranya: menarik, multiguna atau efektif, bahan mudah didapat, efisien dan sesuai tujuan serta fungsi sarana, dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Guna memperoleh keberhasilan prestasi belajar siswa, seorang guru hendaknya mempersiapkan bahan ajar atau media yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, dengan pengadaan media pembelajaran secara mendiri/membuat mampu menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan kreatif untuk siswa maupun guru sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:18
Last Modified: 18 Jul 2024 01:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1081

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item