Al Afif, M. Hanif (2021) Strategi Usaha Penjahit Pakaian dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Menurut Ekonomi Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_Cover_ES-dikonversi.pdf Download (86kB) |
|
Text
c) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_Lembar_Persejuan_Pembimbing_ES-dikonversi.pdf Download (126kB) |
|
Text
d) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_surat _Lembar Pengesahan_ES-dikonversi.pdf Download (104kB) |
|
Text
e) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_Abtrak_ES-dikonversi.pdf Download (114kB) |
|
Text
f) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_Daftar_Isi_ES-dikonversi.pdf Download (38kB) |
|
Text
g) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_BAB I_ES-dikonversi.pdf Download (231kB) |
|
Text
h) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_BAB II_ES-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
i) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_BAB III_ES-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
j) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_BAB IV_ES-dikonversi.pdf Download (320kB) |
|
Text
K) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_BAB V_ES-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
l) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_Daftar_Pustaka_ES-dikonversi.pdf Download (93kB) |
|
Text
b) M. HANIF AL AFIF_18201503030096_surat _Pernyataan keaslian_Karya_dan_Persetujuan publikasi_ES (2)-dikonversi.pdf Download (53kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Usaha, Pendapatan Keluarga, Penerapan Nilai-Nilai Ekonomi Islam. Pada umumnya setiap usaha pasti mempunyai strategi dalam mengembangkan usahanya yang sesuai dengan strategi Nabi. Mata pencaharian masyarakat Desa penempan memang beragam, sebagian ada yang usaha jahit yang berpotensi meningkatkan pendapatan. dengan adanya usaha jahit di Desa Panempan diharapkan mampu memberikan pendapatan yang stabil bagi perekonomian masyarakat. Melihat fakta yang terjadi di lapangan dengan banyaknya orderan dan kepercayaan konsumen, apakah ada nilai Islam di terapkan dan bagaimana ada kaitannya dengan pendapatan keluarga. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini yaitu pertama: Bagaimana strategi usaha penjahit pakaian dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Panempan Kecamatan Pamekasan, kedua: manajemen strategi usaha yang digunakan dalam meningkatan pendapatan keluarga di Desa Panempan Kecamatan Pamekasan, ketiga: Bagaimana penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam usaha jahit pakaian di Desa Panempan Kecamatan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pemiliki usaha, karyawan, konsumen atau pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi usaha yang diterapkan para penjahit pakaian dalam meningkatkan pendapatan keluarga yaitu dengan cara menjaga kualitas jahitan, tepat waktu, startegi lain yaitu menjaga keterampilan para karyawan serta berinovasi dalam memasarkan produksi jahitannya sehingga pendapatannya pun dapat mengalami kenaikan. Sedangkan manajemen strategi usaha yang dilakukan oleh para penjahit yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, Pelaksanaan dan pengawasan yang ekstra agar usahanya bertahan lama,. Penerapan nilai-nilai ekonomi Islam yang dilakukan sudah sesuai dengan syariat Islam yaitu menjalin hubungan baik dengan konsumen, saling bekerja sama antara penjahit yang satu dengan yang lainnya tidak ada persaingan tidak melakukan kecurangan mulai dari bahan yang dipakai sampai ongkos jahitnya semua tercatat didalam nota, agar konsumen merasa puas karena kenyamanan dan kepuasan konsumen adalah hal yang utama bagi mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_007 ?? ?? m_029 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 May 2021 03:41 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1274 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |