Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Biblioterapi terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan

Toli’ah, Wardatut (2021) Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Biblioterapi terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Cover_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Abstrak_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Daftar_Isi_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_BAB I_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_BAB IV_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wardatut Toli'ah_20170701092111_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf

Download (111kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Biblioterapi, Kemandirian Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki kemandirian belajar yang rendah sehingga banya k terdapat siswa yang tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran dan masih bergantung kepada guru maupun teman sekelasnya. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, Seberapa besar efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan rancangan pre-experimental design, desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive, dengan jumlah sampel 22 siswa kelas IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, wawancara, dan uji validitas. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan kemandirian belajar siswa Kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Tingkat efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 99,5 sedangkan jumlah nilai rata-rata pretest sebesar 84,1. Berdasarkan pengambilan uji wilcoxon, dapat diketahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, ditunjukkan dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 05:14
Last Modified: 03 May 2021 05:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1353

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item