Jamilah, Zahrotul (2021) Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Cover_PBS.pdf Download (115kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf Download (229kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Lembar Pengesahan_PBS.pdf Download (250kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Abstrak_PBS.pdf Download (8kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (101kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_BAB I_PBS.pdf Download (295kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_BAB IV_PBS.pdf Download (971kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (196kB) |
|
Text
Zahrotul Jamilah_20170703022232_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PBS.pdf Download (224kB) |
Abstract
Kata Kunci: Marketing Mix (7P), Minat Masyarakat, Tabungan Emas Emas merupakan salah satu alternatif investasi yang sangat menguntungkan. Tak heran jika banyak dari masyarakat Indonesia yang mulai antusias dengan investasi emas. Salah satu lembaga keuangan syariah yang menghadirkan produk dalam lingkup investasi emas ialah PT. Pegadaian Syariah yaitu Produk Tabungan Emas. Agar produk yang dihasilkan dapat menarik minat masyarakat maka perusahaan harus melakukan kegiatan pemasaran salah satunya melalui kegiatan marketing mix yang terdiri dari 7 unsur meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua hal yang menjadi tujuan pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama untuk menganalisis pengaruh marketing mix (7P) secara simultan terhadap minat masyarakat menggunakan produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep, kedua untuk menganalisis pengaruh marketing mix (7P) secara parsial terhadap minat masyarakat menggunakan produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yaitu masyarakat yang mendapatkan pemasaran produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan yang berjumlah 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan ketercapaian sampel sebesar 100% dari jumlah yang direncanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Variabel marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep berdasarkan nilai F hitung > Ftabel (8,866 > 2,12) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,367 yang berarti kontribusi variabel independen (marketing mix 7P) dalam mempengaruhi variabel dependen (minat masyarakat) sebesar 36,7%. Kedua, Secara parsial variabel marketing mix (7P) yang berpengaruh terhadap minat masyarakat ialah variabel promotion (X4) dengan nilai thitung > ttabel (2,255 > 1,987) dan variabel people (X5) dengan nilai thitung > ttabel (3,019 > 1,987). Sedangkan lima variabel lainnya yaitu product (X1), price (X2), place (X3), physical evidence (X6), dan process (X7) tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung < ttabel .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_067 ?? ?? m_172 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 May 2021 05:34 |
Last Modified: | 03 May 2021 05:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1376 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |