Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat

Anam, Khairul (2021) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Khairul Anam_20170701041095_Cover_MPI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
c) Khairul Anam_20170701041095_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
d) Khairul Anam_20170701041095_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
e) Khairul Anam_20170701041095_Abstrak_MPI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
f) Khairul Anam_20170701041095_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
g) Khairul Anam_20170701041095_BAB I_MPI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
h) Khairul Anam_20170701041095_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
i) Khairul Anam_20170701041095_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
j) Khairul Anam_20170701041095_BAB IV_MPI.pdf

Download (766kB)
[img] Text
k) Khairul Anam_20170701041095_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
l) Khairul Anam_20170701041095_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
b) Khairul Anam_20170701041095_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_MPI.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan,Minat Masyarakat Lingkungan pendidikan saat ini sudah mengalami banyak perubahan dari berbagai keahlian, hal ini disebabkan oleh keberagaman kegiatan dan kultur yang masuk dengan persaingan sehat dalam membawakan visi dan misi. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai visi dan misi yaitu melibatkan berbagai pihak terkait pengelola dan pengembangan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang tepat dalam mengenalkan visi dan misi sekolah yaitu strategi pemasaran. Dalam proses pelaksanaan strategi pemasaran jasa pendidikan harus ada tahap yang dilakukan dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi untuk bisa mencapai tujuan yang sesuai dengan adanya tahapan tersebut. Berdasarkan penjelasan singkat di atas maka ada 3 fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, apa saja strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan oleh SMK Negeri 1 Pamekasan dalam meningkatkan minat masyarakat. Kedua, bagaimana penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Pamekasan dalam meningkatkan minat masyarakat. Didalam penerapan strategi pemasaran jasa itu membahas mengenai proses dimana mencakup empat tahapan yaitu dari mulai tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendorong pada strategi pemasaran jasa pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan dalam meningkatkan minat masayarakat. Penelitian dalam peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi fenomenologi. Sumber data yang diperoleh peneliti yaitu melalui wawancara (semiterstruktur), observasi dan dokumentasi kepada kepala sekolah, waka kurikulum, waka humas, guru dan peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan SMK Negeri 1 Pamekasan yaitu ada luring membagikan brosur, memasang banner di tempat-tempat strategis, dan melakukan sosialisasi ke sekolah SMP/MTS untuk strategi daring yaitu pembuatan video dan konten yang di upload ke youtube, IG, WA juga bekerja sama dengan radio dan media cetak. Kedua, penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan dari mulai perencanaan yaitu menentukan tujuan, konsep, strategi, tempat atau sekolah-sekolah dan waktu. Pengorganisasian yaitu dipasrahkan kepada waka humas/kesiswaan dengan dibagi 2 tim yaitu tim daring diberikan kepada bagian multimedia dan tim luring diberikan kepada tim kesiswaan. Pelaksanaan setiap tahun pada bulan januari dan februari dengan melibatkan semua pihak sekolah, alumni dan masyarakat sekitar. Evaluasi dilakukan darivi awal sampai akhir oleh kepala sekolah. Ketiga, faktor penghambat yaitu tidak bisa melakukan sosialisasi langsung dengan siswa tetapi melewati guru BK, faktor pendukung yaitu mempunyai SDM yang kompak alumni, dan masyarakat sekitar yang ikut membantu memasarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_090 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:05
Last Modified: 10 Jul 2023 07:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1526

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item