Aliskandary, Aufa (2021) Kurikulum Pendidikan Nonformal Di Bustanul Ulum Gunung Sekar Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Sampul_ MPI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Halaman Persetujuan_ MPI.pdf Download (25kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Halaman Pengesahan_ MPI.pdf Download (53kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Abstrak_ MPI.docx Download (17kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Daftar Isi_ MPI.pdf Download (21kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ BAB I_ MPI.pdf Download (51kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ BAB II_ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ BAB III_ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ BAB IV_ MPI.pdf Download (260kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ BAB V_ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Daftar Rujukan_ MPI.pdf Download (21kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Pernyataan Keaslian Tulisan_ MPI.pdf Download (30kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Lampiran-Lampiran_ MPI.pdf Download (838kB) |
|
Text
Aufa Aliskandary NIM_ 20160701040043_ Riwayat Hidup_ MPI.pdf Download (27kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kurikulum Pendidikan Nonformal, faktor Pendukung Kurikulum Pendidikan Nonformal adalah semua bentuk pendidikan yang diselenggarakan dengan sengaja, tertib dan berencana, diluar kegiatan proses persekolahan. Arah pendidikan nonformal dapat dikatakan sebagai pengembangan sumber daya manusia dimasa depan. Pengajar memiliki peranan penting dalam mengajarkan akhlaqul karimah pada peserta didik. Faktor pendukung dalam pendidikan nonformal tentang ajaran akhlaqul karimah yang paling utama adalah pengajarnya itu sendiri. Faktor pendukung lainnya dalam ajaran akhlaqul karimah bersumber dari buku- buku keagamaan islam. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana Kurikulum Pendidikan Nonformal di Bustanul Ulum Gunung Sekar Sampang; kedua, Apa Faktor Pendukung yang ada pada Bustanul Ulum Gunung Sekar Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, Ustadz, ustadzah dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,kurikulum pendidikan nonformal di buat oleh pengasuhnya sendiri, ajaran yang terdapat dalam kurikulum tersebut adalah membahas tentang akhlaqul karimah, bagaimana menciptakan, memelihara dan mengembangkan akhlaqul karimah pada peserta didik didalam kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti bagaimana menghargai dan menghormati orang lain, bagaimana bersikap dan bertingkah laku yang baik terhadap orang yang lebih tua. Semua diterapkan dalam keseharian agar peserta didik mencontohnya. Kedua, faktor pendukung ajaran akhalqul karimah adalah pengajarnya yang mempunyai keikhlasan dan keinginan yang kuat untuk mengajarkan peserta didik tentang akhlak, ajaran akhlaqul karimah Bustanul Ulum Gunung sekar Sampang didukung juga dari sumber-sumber buku keagamaan islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? ?? m71I ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1568 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |