Wahyuni, Fitriya Indah (2021) Strategi Pemasaran Syariah Produk Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Di KSPPS BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Sampul_PBS.pdf Download (35kB) |
|
Text
c. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Halaman Persetujuan_PBS.pdf Download (95kB) |
|
Text
d. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Halaman Pengesahan_PBS.pdf Download (191kB) |
|
Text
e. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Abstrak_PBS.pdf Download (17kB) |
|
Text
f. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Daftar Isi_PBS.pdf Download (17kB) |
|
Text
g. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_BAB I_PBS.pdf Download (50kB) |
|
Text
h. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
i. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
j. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_BAB IV_PBS.pdf Download (194kB) |
|
Text
k. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
l. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (23kB) |
|
Text
b. Fitriya Indah Wahyuni_20170703022063_Lembar Keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (181kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Gadai Emas (rahn) Pada kenyataanya lembaga keuangan syariah membutuhkan strategi pemasaran dalam memasarkan produknya untuk meningkatkan pagsa pasar. Strategi pemasaran syariah dirasa merupakan strategi yang penting untuk memenangkan pasar dan menentukan sebuah keberhasilan suatu lembaga keuangan syariah. Salah satu produknya yaitu pembiayaan gadai emas (rahn) diman produk ini merupakan suatu pinjaman dengan menjaminkan barang berupa emas untuk mendapatkan pembiayaan yang mereka butuhkan sesuai dengan nilai barang yang dijaminkan. Dengan diterapkannya strategi pemasaran syariah dirasa dapat meningkatkan pasar sasaran dan mampu membantu perekonomian masyarakat. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana strategi pemasaran syariah produk pembiayaan gadai emas (rahn) yang diterapkan di KSPPS BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk, kedua bagaimana respon anggota pada prinsip etika pemasaran syariah pada strategi pemasaran syariah produk pembiayaan gadai emas (rahn) di BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, sumber data diperoleh dari data primer melalui wawancara dan observasi, serta data sekunder melalui dokumentasi. Informasinya adalah karyawan dan nasabah KSPPS BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran syariah yang diterapkan di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Guluk-guluk dibagi berdasarkan 4 strategi pemasaran Syariah yaitu Theistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), Humanistis (Al-Insyaniyyah). Dalam strategi pemasarannya telah menerapkan ke 4 aspek tersebut yaitu mengedepannkan aspek ketuhan, dan mengedepankan akhlak dalam melakukan pemasaran atau penawaran kepada mitranya, menyediakan tempat tunggu pelayanan yang bersih dan nyaman untuk calon mitra, selain itu karyawan Menjelaskan secara detail mengenai produk pembiayaan gadai emas (rahn) mengenai bagaimana dengan akadnya sampai berapa biaya penitipannya di jelaskan kepada nasabah sehingga nasabah merasa nyaman menggadaikan emasnya di BMT NU Cabang Gulukguluk. Respon anggota pada prinsip etika Pemasaran syariah di BMT NU Cabang Guluk-guluk sudah baik dalam penerapannya karna sudah sesuai denganPrinsi Etika pemasaran Islam diantaranya dengan memiliki kepribadian yang spiritual juga berlaku baik dan simpatik kepada nasabah melayani dengan rendah hati jujur dan terpercaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? 33B6 ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:31 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2170 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |