Zahrah, Fatimatus (2021) Implementasi Pembelajaran Daring dalam Membentuk Minat Belajar Siswa IPS di SMPN 1 Pragaan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_Cover_ TIPS.pdf Download (513kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_Lembar_ Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (383kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (57kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_ Abstrak_ TIPS.pdf Download (603kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (519kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_BAB I_TIPS.pdf Download (661kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_BAB IV_TIPS.pdf Download (1MB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_ 20170701082026_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (21MB) |
|
Text
Fatimatus Zahrah_20170701082026_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (139kB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial Semenjak adanya pandemi COVID’19, pemerintah kemudian menerapkan beberapa kebijakan untuk melakukan aktifitas di rumah, salah satunya yaitu menerapkan kebijakan Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring di sini merupakan pembelajaran yang dilaksanakan melalui bantuan media teknologi, seperti menggunakan aplikasi WA, Google Classroom, Goggle Meet dll sehingga pembelajaran tetap berjalan meskipun tidak dilasanakan secara tatap muka. Kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh tingkat sekolah mulai dari SD, SMP, SMA dan juga Perguruan Tinggi. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pembelajaran daring dalam membentuk minat belajar siswa IPS di SMPN 1 Pragaan: kedua, bagaimana kelebihan dan kelemahan dalam pembelajaran daring pada siswa ips di SMPN 1 Pragaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan informan yang terlibat adalah guru IPS dan peserta didik. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan juga triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pembelajaran daring dalam menmbentuk minat belajar siswa IPS di SMPN 1 Pragaan terbentuk karena adanya upaya guru untuk terus menciptakan pembelajaran yang aktif, beberapa upaya tersebut diantaranya menggunakan aplikasi yang banyak diminati siswa seperti google classroom dan juga google meet, memotivasi siswa melalui wa grup dan google meet dan juga saat PTM, menggunakan metode penyampaian materi yang interaktif, membuat wa grup khusus wali murid, bahkan juga melakukan Home Visit ke rumah siswa yang dinyatakan kurang aktif. Kedua, kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran daring. Kelebihannya antara lain siswa bisa belajar sendiri, tidak bergantung pada guru, siswa juga bisa lebih santai belajar di rumah dan juga bisa terlatih menggunakan teknologi. Sedangkan kekurangannya antara lain bisa dilihat dari segi Handphone dan jaringan dimana hal ini merupakan kelemahan tersediri bagi siswa yang memiliki kendala seperti handphonenya rusak, minimnya paket data/ kuota, guru sulit untuk memantau kegiatan belajar siswa, bahkan bisa dilihat dari segi pengetahuan siswa yang merasa tidak mengerti untuk belajar sendiri dikarenakan pembelajaran daring merupakan hal yang baru bagi mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_020 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:51 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2343 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |