Penerapan Konseling Individu Menggunakan Teknik Refreming untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Kelas XI di SMK Al�Fudhola' Barurambat Timur

Mrs, Zainab (2021) Penerapan Konseling Individu Menggunakan Teknik Refreming untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Kelas XI di SMK Al�Fudhola' Barurambat Timur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Zainab_20170701092117_Cover_BKPI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
c) Zainab_20170701092117_Lembar_Prsetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
d) Zainab_20170701092117_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
e) Zainab_20170701092117_Abstrak_BKPI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
f) Zainab_20170701092117_Daftar Isi_BKPI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
g) Zainab_20170701092117_BAB I _BKPI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
h) Zainab_20170701092117_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
i) Zainab_20170701092117_BAB III _BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
j) Zainab_20170701092117_BAB IV _BKPI.pdf

Download (684kB)
[img] Text
k) Zainab_20170701092117_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
l) Zainab_20170701092117_Daftar Pustaka_BKPI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
b) Zainab_20170701092117_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya dan Persetujuan Publikasi_BKPI.pdf

Download (303kB)

Abstract

Kata Kunci : konseling individu, teknik reframing, motivasi belajar, broken home. Dalam Penelitian ini dilakukan karena terdapatnya fenomena yang terjadi di berbagai sekolah di Pamekasan terutama di SMK Al-Fudhola ini yang mana siswa broken home melakukan prilaku-prilaku malas belajar karena motivasi belajar yang ia miliki sangat minim. Melalui konseling Individual dengan teknik reframing diharapkan siswa yang berasal dari keluarga broken home dapat meningkatkan motivasi belajarnya dan mereka juga diharapkan agar merasa sama dengan keluarga yang lain sehingga mereka bisa belajar dengan giat untukbekal masa depan yang lebih baik. Fokus mpenelitian ini yaitu bagaimana penerapan konseling individual dengan teknik reframing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas dan keberhasilan dalam mengatasi penerapan konseling individual dengan teknik reframing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan bimbingan konseling dengan melaksanakan dua siklus, dan subjek penelitian yang peneliti temui di SMK AL-Fudhola tersebut terdapat empat orang siswa broken home dan mereka memiliki motivasi belajar yang rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan penyebaran angket wawancara, dan observasi sedangkan Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan dua siswa SMK Al-Fudhola yang menjadi konseli memiliki motivasi belajar yang rendah. Bentuk perilaku yang mereka lakukan di sekolah yaitu main hp, tidur di dalam kelas, sering bolos dan terlambat masuk kelas, pakaian tidak sesuai dengan peraturan sekolah dan juga perilaku menyontek. Dan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa penerapan konseling individual dengan teknik reframing pada siswa broken home di SMK Al-Fudhola Barurambat Timur dikatakan berhasil dibuktikan dengan adanya penurunan hasil angket yang pada pra siklus nilai rata-rata 64% mengalami penurunan pada siklus II yaitu 56,75% , pada pra siklus nilai tertinggi pada satu orang 76% mengalami penurunan pada 60% dan dua orang siswa dengan kategori sedang 50%. Dalam penelitian yang sudah dilakukan dengan tekhnik reframing dianggap berhasil atau bisa mengatasi perilaku malas belajar pada siswa Broken Home hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan pada konseli dari sebelumnya. Yaitu sudah muali tidak terlambat ketika datang kesekolah dan juga sudah muali konsentrasi dalam memiliki pandangan belajar kedepan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:25
Last Modified: 14 Apr 2022 02:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2441

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item